Tingkatan Penguasaan Keahlian Teknologi Komputer

Kemajuan dalam bidang teknologi komputerisasi dan sistem yang otomatis sekarang ini membawa perubahan-perubahan dalam kemampuan banyak orang di bidang tersebut. Bermacam-macamnya kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang membuat teknologi dalam bidang komputer melajut cepat.

Kemampuan-kemampuan tersebut dalam hal ini Men of School membuat pengelompokan dari beberapa tingkatan keahlian penguasaan teknologi komputer. Berikut ini adalah tingkatan keahlian dalam penguasaan teknologi dalam bidang komputer :
  1. Pengguna (User).
    Dari semua tingkatan keahlian, pengguna merupakan keahlian tingkat pertama. Dalam tingkatan pengguna dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
    Keluarga Pengguna Komputer
    Keluarga Pengguna Komputer,
    Sumber Foto : http://adsitsolutions.com/home-users
    1. Pengguna Dasar (Basic User).
      Pengguna dasar merupakan orang-orang yang menggunakan kemampuannya dalam bidang komputer dengan keahlian pada batas penggunaan teknologi secara umum. Dia belum memiliki keahlian selain hanya memfungsikan seperti umumnya orang banyak. Membuat hasil karya dari teknologi tersebut sama atau hampir mirip dengan orang lain.
    2. Pengguna Lanjutan (Advance User).
      Pengguna berikutnya adalah pengguna lanjutan yang merupakan orang yang lebih menguasai penggunaan teknologi dan memiliki kemampuan untuk membuat hasil karya lebih unik, khas atau menemukan hasil karya yang belum atau jarang dihasilkan oleh kebanyakan orang lain. Dia lebih banyak menghasilkan karya dengan memaksimalkan pengetahuan dasarnya dari teknologi tersebut, sehingga dinilai lebih ahli dari yang lain.
  2. Pengguna Komputer
    Pengguna Komputer,
    Sumber Foto :http://careeraddict.com/8107/how-to-become-a-computer-games-developer-designer
  3. Pengembang (Developer).
    Tingkatan yang lebih tinggi lagi adalah kemampuan seorang pengembang atau yang biasa disebut dengan istilah developer. Kemampuannya ini dapat mengembangkan hingga ke dalam sistem dari teknologi tersebut. Ia mampu menghasilkan hasil karya baru dari dasar-dasar pengembangan hasil karya yang telah ada. Menggabungkan pengetahuan dan keahliannya dari berbagai sumber untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
  4. Pengembang Sistem Teknologi Komputer
    Pengembang Sistem Teknologi Komputer,
    Sumber Foto : https://en.wikipedia.org/wiki/File:Coding_Shots_Annual_Plan_high_res-5.jpg
  5. Penemu (Founder).
    Tingkatan keahlian selanjutnya adalah penemu atau disebut dengan istilah founder. Seorang penemu memiliki kemampuan menghasilkan perangkat atau sistem dengan teknologi baru yang lebih dari sekedar menggembangkan dari sistem yang telah dibuat orang lain. Funder memiliki ide yang sangat unik yaitu berpikir di luar kotak, berimajinasi dan berpikir diluar pemikiran orang lain atau dianggap orang lain tidak mungkin bisa dilakukan. Ia memiliki ide yang dituangkannya dalam sebuah kreatifitas dan percobaan-percobaan (experiments) dan menemukan teknologi baru.
  6. Analisis Data
    Analisis Sistem,
    Sumber Foto : http://mashable.com/2012/07/11/language-app
  7. Hacking (Hacker).
    Kemampuan lanjutannya lagi adalah hacking. Umumnya orang memandang hacking sebagai sebuah kegiatan yang bertentangan dengan hukum dan merusak. Padahal kemampuan hacking adalah kemampuan yang tidak ditujukan untuk itu hanya saja kadang disalahgunakan oleh yang memiliki kemampuannya. Hacking merupakan keahlian penggunaan teknologi di bidang komputer yang unik dari tingkat di bawahnya. Seorang hacker (orang yang punya kemampuan hacking) memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh pengembang (developer).

    Seorang developer hanya memiliki kemampuan sebatas membangun hasil karya atau sistem, hacker lebih tahu kekurangan dan kerusakan (error) dari hasil karya atau sistem yang dibuat oleh developer. Ia memiliki mata di dunia maya yang lebih tajam sehingga ia mampu untuk menembus pandangan untuk melihat dan menutup kekurangan tersebut inilah yang kita maksudkan sebagai kemampuan analisis.
  8. Programmer Komputer
    Programmer Komputer,
    Sumber Foto : http://newenglandcollegeonline.com/resources/computer-science/software-developer-job-description-and-salary
Dari beberapa kelompok tingkatan penguasaan teknologi, yang manakah kita? Semua kelompok tingkatan entah yang paling mendasar atau di tingkatan yang ahli kita tetap merupakan seorang kontributor dalam kemajuan teknologi dan memiliki peranan masing-masing yang tidak perlu risih atau rendah diri apabila kita hanya menguasai sedikit demi sedikit kemampuan tersebut.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua.