Manfaat Blog Bagi Seorang Guru

Blog merupakan jenis website atau situs yang dikelola secara pribadi. Berisi mengenai catatan kegiatan, artikel-artikel, curahan hati, dan tulisan-tulisan tentang suatu kesukaan dari seseorang. Blog dapat dibuat secara sederhana dan bisa pula dibuat secara kompleks dan profesional.
Blog Guru
Blog
Sumber Ilustrasi : http://www.spcommunications.com.au/2013/08/top-10-tips-on-how-to-write-a-blog
Dengan adanya fasilitas internet ini untuk memperkaya informasi dari seluruh dunia memungkinkan orang atau kelompok untuk membuat sebuah publikasi informasi yang dibagikan kepada setiap orang yang mengakses internet. Seseorang bisa membuat blognya berisi tentang hobi, lifestyle atau informasi-informasi yang ia inginkan termasuk tentang kependidikan.

Guru yang sedikit banyak dituntut untuk memiliki kemampuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini punya kesempatan yang luas dalam pengembangan kependidikannya dengan menggunakan situs yang jenisnya adalah blog.
Mengapa Perlu Blog
Mengapa Perlu Blog
Sumber Ilustrasi : http://www.nicolapickering.com/blog
Dari sana banyak manfaat yang bisa diambil bagi seorang guru dalam peningkatan kualitas dan kuantitasnya sebagai pendidik dan pengajar. Berikut ini ada beberapa manfaat kepemilikan blog bagi seorang guru :

1. Melatih dan Membudayakan Kemampuan Menulis

Untuk memiliki blog, seorang guru tidak mesti harus pandai menulis dan membuat tulisan-tulisan terlebih dahulu. Kemampuan menulis ini bisa kita kembangkan saat memiliki blog itu sendiri. Dengan memiliki blog, seorang guru berkesempatan atau punya wadah aspirasi untuk menyalurkan minat dan bakatnya tentang apapun termasuk tentang peranannya dalam pendidikan.
Kemampuan Menulis
Kemampuan Menulis
Sumber Ilustrasi : http://www.writeawriting.com/academic-writing/academic-writing-skills
Awalnya mungkin bagi guru yang tidak terbiasa untuk membuat tulisan akan dirasa sulit. Ini adalah hal yang wajar. Selain ia pertama-tama baru mengenai fungsi dan bagian pada blog, ia juga belajar untuk merangkai kata-kata hingga menjadi beberapa paragraf. Sudah beberapa lama, ia tidak terlalu lagi memikirkan fungsi dari bagi blog itu dalam waktu lama atau dalam keadaan ragu-ragu, secara spontan ia menggunakannya.
Menulis
Menulis
Sumber Foto : http://journalbuddies.com/writing-2/how-to-improve-writing-skills
Sedikit demi sedikit, semakin sering ia membuat tulisan yang akan dipublikasikannya pada blog semakin berkembang kemampuan berbahasanya terkhusus mengenai menulis dan memahami tulisan-tulisan.

2. Menyalurkan Ide dan Aspirasi

Saya percaya setiap orang memiliki ide, gagasan, pendapat, atau opini yang unik. Namun itu semua datangnya bisa tiba-tiba dan akan berlalu dengan tanpa rasa. Bila hal tersebut tidak disalurkan dengan kegiatan mendukung dan positif, kemampuan akan ide-ide brilian tersebut menjadi tumpul dan jauh dari kreatif.
Ide dan Kreatifitas
Ide dan Kreatifitas
Sumber Ilustrasi : http://aubreydaniels.com/blog/2014/01/17/encouraging-creativity
Dengan penyaluran pemikiran-pemikiran yang muncul, blog bisa menjadi wadah yang bersifat positif yang dapat mengurangi beban pikiran, padatnya pemikiran, stress dan kelebihan pemikiran yang ada di kepala kita. Sehingga kita selalu memiliki ide-ide segar untuk pengembangan pendidikan.

3. Popularitas

Tidak bisa kita pungkiri, mau tidak mau bila kita memiliki sebuah blog yang aktif dan selalu update, berangsur-angsur kita menjadi populer atau dikenal oleh banyak orang baik blog itu sendiri maupun pemiliknya.

Semakin populer blog dan diri pemiliki, kemungkinan besar hal tersebut menjadi inspirasi bagi orang lain. Selain rasa kebanggaan atas kemampuan yang dimiliki, juga apa yang kita bagikan kepada orang lain menjadi manfaat saat ini atau di masa mendatang.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lainnya

Selain blog dpat menjadi wadah aspirasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa menulis, membuat blog juga bisa membawa pengembangan kemampuan berbahasa lainnya seperti membaca, menganalisis bahasa dan makna, berkomunikasi efektif dan efisien.

Guru yang aktif dalam tulisan-tulisan blognya, tidak hanya mengutarakan isi pikiran dan hatinya saja, ia pun sedikit banyaknya akan membaca dan belajar untuk mengkaji tulisan-tulisan dari sumber lain sebagai referensi dan penguat argumen yang ia utarakan dalam tulisan-tulisannya.

Mengkaji sumber lain sebagai referensi tulisan-tulisannya bukan ia menjadi seorang copy-paster. Karena seorang copy-paster itu hanya menduplikatkan tulisan orang lain secara mutlak bahkan tanpa menyebutkan sumber-sumber asalnya. Yang seakan-akan tulisan blognya merupakan tulisan asli dan tidak tercampur dengan ide-ide orang lain.

5. Menambah Kebahagian dan Rasa Senang

Memiliki blog yang selalu kita aktif untuk meng-update-nya menjadi sebuah aspirasi yang selalu mengalir layaknya sirkulasi air dari pegunungan ke anak-anak sungai bersatu di sungai menuju muara hingga ke laut lalu menguap dan kembali ke daratan.

Ide dan aspirasi yang tersalur bisa mengurangi pikiran-pikiran yang negatif hingga kita merasa plong dan senang. Terlebih lagi apabila blog yang dimiliki memberi manfaat secara psikologis, materi atau finansial (blog menghasilkan uang).

6. Mengurangi Stres

Tumpukan ide, pikiran dan rutinitas yang padat dari seorang guru bisa berakibat tekanan mentalitas atau yang sering pula kita istilahkan dengan stres. Jika dibiarkan stres dapat membawa penyakit-penyakit lain yang berbahaya bagi kesehatan kita nantinya. Oleh sebab itu perlu adanya penyaluran yang tepat dan bermanfaat untuk menghindari atau mengurangi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menyalurkannya lewat kegiatan blogging dengan menyalurkan ide-ide dan pikiran kita dalam sebuah tulisan online.
Beban Pikiran dan Tumbukan Ide
Beban Pikiran dan Tumbukan Ide
Sumber Ilustrasi : http://www.hongkiat.com/blog/overcome-block-generate-blog-ideas

7. Bertambah Wawasan Guru

Dengan berbagi melalui tulisan-tulisan, kita memiliki blog layaknya seperti dalam proses pembelajaran. Semakin kita sering berbagi pengetahuan, wawasan pemikiran dan keilmuan, maka semakin bertambah pula apa yang kita bagikan kepada orang lain.
Ide dan Inspirasi
Ide dan Inspirasi
Sumber Ilustrasi : http://ez.no/Blog/How-to-get-your-idea-onto-the-eZ-blog
Kita tidak perlu takut ide kita diadopsi atau dipakai orang lain, kita cukup berpikir bahwa apa yang kita berikan dalam tulisan-tulisan kita tidak akan mengurangi sedikit pun apa yang kita miliki. Semakin banyak orang yang mempergunakan pemikiran kita, berarti pemikiran kita itu dihargai dan bermanfaat bagi orang lain.

8. Inspirasi dan Komunikasi Belajar Jarak Jauh dengan Siswa

Tidak hanya bermanfaat bagi diri guru sendiri dan orang lain di luar pendidikan, blog bisa bermanfaat untuk memberikan inspirasi belajar kepada para siswa kita, selain itu pula memungkinkan dipergunakan sebagai sarana komunikasi belajar jarak jauh kepada para siswa kita.
Komunikasi Ide Jarak Jauh
Komunikasi Ide Jarak Jauh
Sumber Ilustrasi : http://coschedule.com/blog/how-to-start-a-blog-with-no-audience
Dengan membuat informasi yang insipratif yang diharapkan bisa memberikan semangat dan motivasi akan pentingnya menemukan sumber belajar selain saat berhadapan dengan guru saja. Dengan menjalin komunikai belajar jarak jauh layaknya seperti melatih para siswa untuk belajar mandiri.
Memulai Blog
Memulai Blog
Sumber Foto : http://www.thesaleslion.com/employees-required-blog-content-marketing
Sampai disini saja dulu pembahasan mengenai manfaat blog bagi seorang guru. Manfaat yang tersebut diatas merupakan sebagian kecilnya saja dari banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sebuah blog yang mungkin belum tersebutkan oleh saya pada bagian ini. Jika anda berminat untuk memulai membuat blog silahkan baca lebih lanjut pada langkah-langkah membuat Blog Guru.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.