Menulis Rapi di Buku Catatan

Siapa yang tidak suka dengan tulisan rapi? Tentu saya yakin hampir semua orang menyukainya bukan? Tulisan yang rapi sangat bermanfaat dalam proses belajar dan mengajar. Bapak atau Ibu guru mungkin sering kali mendapatkan kesulitan untuk membaca tulisan siswa-siswanya yang agak susah untuk dibaca dan dipahami. Kadang kita menjadi kerepotan dalam memahami hasil kerja atau tugas siswa yang berbentuk tulisan. Sebagian besar kesulitan para guru adalah ketika menghadapi tulisan-tulisan siswa pada kelas awal seperti pada tingkatan dasar atau kelas pertama pada tingkatan menengah. Ada sebagian guru yang memberi arahan untuk menulis yang baik dan rapi, adapula yang mengindahkan (tidak begitu mempedulikan) sebaik apa atau serapi apa tulisan mereka.
Menulis Rapi
Menulis Rapi
Awal tahun ajaran tadi saya terinsiprasi melihat tulisan-tulisan para siswa sebelumnya yang membuat saya juga merasa tulisan mereka untuk dikembangkan. Walaupun sebagian besar tulisan siswa masih bisa untuk dibaca atau dipahami, namun ada beberapa dari mereka masih terbiasa dengan gaya tulisan yang unik dan susah untuk dipahami. Dalam pikiran saya, para siswa tidak akan menjadi lebih mudah untuk mengembangkan gaya tulisan mereka jika saja hanya diberi ceramah, arahan atau kata-kata yang mengharapkan mereka mengembangkannya. Para siswa perlu tidak hanya diberi arahan dalam bentuk kata-kata saja, namun juga perlu diberikan arahan dalam bentuk contoh dan penerapan sederhana.

Dari itu beberapa waktu pada pembelajaran dikelas saya menyisihkan untuk berbagi kepada para siswa saya alasan mengapa perlu menulis lebih rapi dan bagaimana caranya membuat tulisan agar lebih rapi.

Mengapa tulisan kita perlu rapi ?

  1. Tulisan rapi lebih nyaman untuk dilihat dan dibaca.
    Untuk bisa dibaca dan dipahami oleh banyak orang, tulisan yang baik tidak dihasilkan oleh komputer saja. Tangan membutuhkan latihan yang sering agar terbiasa untuk menulis. Latihan yang banyak bukan faktor utama membuat tulisan berkembang dengan baik, namun tulisan yang dihasilkan dengan latihan yang terarah akan membuatnya berkembang lebih baik.
  2. Tulisan rapi akan lebih berkesan dan diingat.
    Seperti halnya dalam tata desain grafis, media yang dipenuhi oleh tulisan atau gambar sehingga ruang kosong untuk mata bernafas tidak ada bisa membuat terkecohnya pikiran kita saat memahami isi sebenarnya. Saat tulisan rapi akan berkesan karena disenangi dan mempermudah kita untuk memahami serta menyimpan pemahaman kita akan tulisan tersebut ke dalam ingatan. Seperti menyusun banyak buku dalam ruangan yaitu bertahap, tertata dan mudah untuk menemukannya kembali.
  3. Tulisan rapi disukai banyak orang.
    Seperti dalam berpakaian, kerapian menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap mata yang memandangnya. Tidak hanya guru saja bisa menyukai tulisan siswanya yang rapi, namun mereka sendiri akan menyukainnya.
  4. Tulisan rapi membuat buku lebih disayangi.
    Buku tulis yang diisi dan dibuat rapi memberi daya tarik sehingga buku tersebut akan lebih disenangi dan disayangi. Ketika siswa mulai menyukai tulisan dalam buku tulis mereka, buku tersebut akan selalu diberi perhatian oleh mereka dan tidak mudah untuk disembarangkan di berbagai tempat.
  5. Tulisan rapi menjadi motivasi belajar.
    Buku catatan yang dibuat rapi tulisannya akan selalu dekat dengan pemiliknya. Semakin sering pemiliknya membuka baik secara langsung maupun tidak mereka akan dekat dengan pembelajaran dalam buku tersebut. Seakan-akan pemiliknya memiliki teman untuk belajar. Hal seperti itu bisa membuat mereka rajin untuk mengulang pelajaran dan berlatih.
  6. Tulisan rapi bisa menghemat biaya dan kertas.
    Kerapian dalam tulisan akan membuat tataan yang bagus dengan susunan yang menarik dari isi dalam buku tersebut. Semakin rapi tulisan dan isi yang ada, maka akan semakin efektif pemiliknya untuk menulis dan menghindari isi yang tidak diperlukan dalam buku tersebut termasuk kesalahan dalam menulis. Efektifitas dan efesiensi penulisan akan memberikan hasil lembaran-lembaran menjadi lebih hemat karena dipergunakan dengan sebaik dan secermat mungkin.
Dari beberapa alasan yang saya berikan kepada para siswa, selanjutnya saya pikir akan lebih mudah bagi mereka untuk melatihnya dalam bentuk contoh dan penjelasan cara praktisnya dengan bagaimana agar tulisan kita lebih rapi ?.