Perawatan Perangkat Lunak (Software) Komputer

Disamping perlu merawat perangkat keras dari komputer (hardware) juga perlu bagian sistemnya untuk diperhatikan kinerjanya. Perangkat keras dan dan perangkat lunak ada dua bagian yang saling memenuhi kebutuhannya. Jika salah satu terjadi kerusakan maka semua fungsi dari komputer akan berpengaruh baik itu kerusakan pada hardware ataupun software.
Komputer Cerdas
Komputer Cerdas
Pada bagian sebelumnya, saya sudah berbagi dan menyampaikan beberapa hal untuk membantu dalam perawatan perangkat komputer. Pada bagian ini saya akan berbagi cara-cara untuk melakukan perawatan pada bagian perangkat lunak (software) komputer.

Berikut ini beberapa hal untuk merawat software komputer kita termasuk operasi sistemnya :
  1. Aturlah tata data dan dokumen yang ada di komputer kita.
    Data dan dokumen yang berhamburan akan menyulitkan kita bila sewaktu-waktu ingin mengolahnya kembali. Kumpulkan file data-data dan masukkan ke dalam folder sesuai kategori dan nama yang kita inginkan. Selain untuk mempermudah pencarian file data yang ada, juga menjadikan ruang kosong dalam harddisk kita menjadi rapi.
  2. Kosongkan tempat sampah.
    File-file yang kita buang ke recycle bin baik dari (C : System) atau (D : Data) masih ada tersimpan dan tetap memakai ruang hardisk kita. Recycle bin hanya TPS (Tempat Pembuangan Sementara) saja. File tersebut masih bisa dikembalikan (restore) ke folder sebelumnya. Jika file-file yang ada di recycle bin sudah tidak dipergunakan lagi, sebainya dihapus permanen dengan klik kanan pada logo recycle bin pilih Empty recycle bin. Setelah kita hapus secara permanen file yang di recycle bin, ruang kosong pada harddisk menjadi bertambah.
  3. Update.
    Pembaharuan perlu dilakukan agar perangkat lunak pada komputer kita lebih sehat dan kuat. Update windows maupun program lainnya merupakan antioksidan bagi tubuh komputer kita. Antivirus dan windows defender menjadi pertahanan dari serangan malware dan virus yang bisa merusak system dan file pada komputer kita. Pembaharuan windows merupakan perbaikan system yang fileny error, rusak atau hilang sehingga system bisa berjalan dengan normal. Jika kita ingin mengupdate, yang diperhatikan adalah kecepatan transfer data, banyaknya quota internet dan daya tahan baterai. Sebaiknya mengupadate secara bertahap.
  4. Komputer Sehat
    Komputer Sehat
  5. Bersihkan dengan disk clean up.
    Memberisihkan file yang tidak dipergunakan bisa dengan disk clean-up yang merupakan fitur bawaan langsung dari system windows. Klik kanan pada start menu, cari dan klik control panel - administrative tools - disk clean-up. Pilih salah satu partisi C:/D:/E: klik OK tunggu hingga proses selesai dan menampilkan jumlah dan asal data yang dihapus. Klik OK.
  6. Defrag dan Optimize.
    Sesekali dalam 1 minggu atau setengah bulan rapikan disk kita dengan mendefrag dan optimasi. Klik kanan pada start menu, cari dan klik control panel - administrative tools - defragment and optimized.
  7. Merawat Komputer
    Merawat Komputer
  8. Hematlah Baterai.
    Gunakan dan jalankan program yang perlu saja. Minimize atau tutup program untuk menghemat baterai dan menghindari dorongan penggunaan ram yang berat. Matikan saja wifi jika tidak sedang digunakan atau beralih ke mode pesawat.
  9. Ringankan Harddisk.
    Dengan mengurangi atau menghilangkan tombol shortcut pada desktop, taskbar dan startmenu. Non aktifkan program yang berjalan otomatis ketika baru dihidupkan dengan meng-disable program yang tidak harus langsung jalan. Klik kanan pada taskbar (windows bagian bawah) - klik task manager - klik startup. Kita bisa melihat beberapa program yang berjalan dari saat menghidupkan windows. Pilih programnya - klik kanan disable.
  10. Batasi membuka banyak tab pada internet browser.
    Setiap tab atau window dari program internet browser akan menambah dorongan penggunaan cache di ram dan hard disk. Semakin banyak tab maka semakin banyak pula system mengolah data dan system menjadi lebih berat.
Sampai disiini dulu pembahasan kita mengenai perawatan perangkat lunak komputer.

Selamat membaca semoga bermanfaat.