Teknik Mengetik Cepat 10 Jari pada Keyboard

Selain penguasaan bahasa asing (Inggris),  keahlian dalam menggunakan keyboard juga merupakan dasar untuk menguasai kemampuan bidang komputer. Untuk menguasai menggunakan keyboard maka diperlukan teknik pengembangan yaitu Teknik Mengetik Cepat 10 Jari.

Teknik ini dikembangkan untuk memaksimalkan fungsi dari ke 10 jari yang dimiliki guna menekan tombol-tombol yang ada pada keyboard. Susunan tombol-tombol di semua keyboard hampir sama, namun ada beberapa jenis keyboard yang memiliki susunan dan jumlah dari tombol-tombolnya.

Pada awalnya sebagian besar dari kita yaitu para pemula menekan tombol-tombol keyboard dengan menggunakan 1 - 4 jari yang termasuk di dalamnya jari telunjuk kiri dan kanan, jari dan jari tengah kiri dan kanan. Bila kita menggunakan hanya 4 jari dari 10 jari yang kita miliki (normalnya) berarti dibawah dari setengah jumlah jari yang ada. Walaupun memang semua orang yang menggunakan keyboard akan melewati proses belajar pemula yang menggunakan sedikit jari, kita bisa mengembangkannya lebih baik lagi.

Keuntungan dan Manfaat Mengetik 10 Jari

Berikut ini beberapa manfaat dari menggunakan teknik 10 jari pada tombol-tombol keyboard.
  1. Mempermudah mengoperasikan komputer.
  2. Mempercepat pekerjaan dengan komputer.
  3. Menghemat waktu bekerja dengan komputer.
  4. Lebih menyenangkan bekerja dengan komputer.
Dari keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan teknik 10 jari diatas akan meningkatkan keahlian dan penguasaan kita dalam menggunakan komputer. Lalu bagaimana teknik mengetik 10 jari itu dilakukan? Mari sama-sama kita perhatikan ilustrasi keyboard berikut.

Keyboard Standard
Tata Letak Tombol Keyboard Standard

Penjelasan Keyboard Standard

  1. Jari Telunjuk Kiri untuk menekan tombol 4, 5, R, T, F, G, V, B.
  2. Jari Telunjuk Kanan untuk menekan tombol 6, 7, Y, U, H, J, N, M.
  3. Jari Tengah Kiri untuk menekan tombol 3, E, D, C.
  4. Jari Tengah Kanan untuk menekan tombol 8, I, K, ( , )
  5. Jari Manis Kiri untuk menekan tombol 2, W, S, X.
  6. Jari Manis Kanan untuk menekan tombol 9, O, L, ( . )
  7. Kelingking Kiri untuk menekan tombol 1, ( TAB ), Q, ( CAPS LOCK ), A, ( SHIFT ), ( CTRL ), Z.
  8. Kelingking Kanan untuk menekan tombol 0, ( - ), ( = ), ( BACKSPACE ), P, ( [ ), ( ] ), ( \ ), ( : ), ( ' ), ( ENTER ), ( / ), ( SHIFT ).
  9. Ibu Jari Kiri dan Kanan untuk menekan tombol Spasi (space)
Teknik Mengetik 10 Jari
Teknik Mengetik 10 Jari pada Full Keyboard Qwerty

Tips Mengetik 10 Jari

  1. Perhatikan posisi dari tombol-tombol keyboard.
    Tidak semua keyboard memiliki posisi yang sama entah itu pada keyboard eksternal yang terpisah seperti pada Personal Computer (PC) dan pad seri notebook yang keluar saat ini atau menyatu (internal) dengan bagian lain seperti pada netbook dan notebook (laptop) standard. Memperhatikan dan mengingat tombol pada keyboard yang kita gunakan akan membantu memahami fungsi dari tombol-tombol keyboard tersebut lebih baik.
  2. Gunakanlah jari secara perlahan.
    Bila belum terbiasa mengetik 10 jari, tekanlah tombol-tombol sesuai teknik 10 jari dengan perlahan. Dengan latihan menggunakan semua jari walaupun masih lambat akan membuat jari-jari yang biasanya kaku menjadi lebih lentur seperti jari kelingking dan jari manis.
  3. Latihan rutin.
    Sering-seringlah melatih mengetik 10 jari karena semakin sering melatihnya menambah ingatan kita terhadap posisi tombol (keyboard layout) dan juga mengurangi jari-jari yang kaku. Kita bisa melatih kemampuan menggunakan keyboard dengan sering menggunakan keyboard shortcut dan mengetik cepat lewat program permainan mengetik yang menyenangkan seperti Rapid Typing.
  4. Kurangi kebiasaan melihat tombol-tombol keyboard.
    Untuk memepercepat pekerjaan dan menghemat waktu dalam bekerja, cobalah sedikit demi sedikit mengurangi padangan kita terhadap keyboard. Karena ketika kita mengetik waktu akan terbagi saat melihat konsep ketikan, tombol keyboard dan layar komputer. Semakin sering melihat ketiga bagian tersebut, maka semakin banyak waktu yang diperlukan dalam bekerja dengan komputer.
  5. Cobalah mengetik dalam keadaan gelap.
    Sesekali cobalah melatih mengetik dalam keadaan gelap (hanya layar yang menyala) atau sedikit cahaya. Metode ini merupakan membuat latihan mengetik lebih menantang dan akan membantu mengurangi kebiasaan melihat kepada keyboard. Hal ini bisa dilakukan ketika kita sudah bisa mengingat banyak tombol-tombol keyboard.
  6. Buatlah santai.
    Selain teknik diatas dilakukan, sangat perlu keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja diutamakan. Buatlah diri kita bisa menikmati dan merasa santai dengan menggunakan keyboard.
Selamat berlatih semoga menyenangkan.