Perawatan Perangkat Keras (Hardware) Komputer

Hardware adalah perangkat yang nyata terlihat dan dapat kita sentuh bagian atau bentuknya. Sebagian besar komponen yang ada di hardware dialiri energi listrik. Umumnya komponen yang ada di dalam perangkat hardware di komputer rentan sekali terhadap kerusakan akibat benda-benda cair seperti air, minyak atau sejenisnya.

Perawatan Hardware Komputer
Perawatan Hardware Komputer

Beberapa jenis dari komputer jinjing (portable) seperi notebook dan netbook dikembangkan sampai dengan daya tahannya terhadap goncangan, debu, lumpur dan air. Akan tetapi sesuai dengan fasilitasnya, harga dari komputer jinjing ini jauh lebih mahal. Seberapa pun mahal dan tahannya komputer kita terhadap lingkungan yang ekstrem tetap perlu kita hindari dan lakukan perawatannya.

Untuk menyayangi dan merawat komputer kesayangan kita yang perlu dilakukan terhadap perangkat kerasnya adalah sebagai berikut :
  1. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung.
    Misalnya meletakkan di dekat jendela. Itu perlu dihindari. Pemanasan dari matahari akan menambah panas suhu pada komponen perangkat keras. Sebagian komponen dibuat dari plastic, logam ringan yang mudah meleleh (timah, tembaga). Lebih baik meletakkan tidak terlalu dekat dengan jendela. Selain menghindarkan penyinaran dari matahari langsung, juga menghindarkan dari terkenanya tetesan air ketika hujan.
  2. Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak.
    Seperti himbauan pada buku petunjuk pengguna, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain mereka belum mengerti apa dan bagaimana itu komputer, juga menghindarikan mereka dari terkena sengatan listrik. Jika di rumah kita ada terdapat anak-anak kecil, sebaiknya meletakkan perangkat komputer di atas meja kerja yang cukup jauh dari jangkauan mereka atau bisa juga diletakkan dalam ruang kerja tersendiri.
  3. Antisipasi Kecelakaan Kerja.
    Mungkin kita banyak bekerja dengan perangkat komputer entah itu di tempat kerja atau di rumah. Selama berjam-jam duduk berhadapan dengan perangkat komputer. Sesekali mungkin kita merasa haus atau sedikit lapar. Apabila saat bekerja dengan komputer kita sambil memakan makanan ringan dan minum-minum, sebaiknya tidak meletakkan barang-barang tersebut terlalu dekat dengan perangkat. Bisa saja saat lengah atau mengantuk, gelas yang berisi air tersenggol yang mengakibatkan perangkat komputer terkena cairan. Selain itu rapikan jalur kable yang dipergunakan. Buatlah tertata lebih rapi, tidak berbaur di sana sini, agar kita terhindari pula dari kecelakaan tersetrum listrik.
  4. Bersihkan dengan Cermat.
    Cobalah perhatikan bagian luar dari perangkat keras kita. Apabila cukup berdebu, bersihkan saja dengan sapu debu. Debu-debu yang terisap ke dalam perangkat keras, lama-lama bisa menimbulkan karat atau memberatkan mesin komputer. Selain itu jika terdapat noda-noda kotor yang tidak bisa hilang dengan sapu debu, cobaah gunakan kain halus yang lembab atau agak basah. Beberapa bagian perangkat keras komputer di luarnya (chase) bisa dibersihkan tanpa terlalu khawatir rusak, akan tetapi jika menggunakan kain pembersih yang basah itu perlu lebih hati-hati dan pastikan tidak membasahi bagian dalam dari perangkat kerasnya.
  5. Membersihkan Hardware Komputer
    Membersihkan Hardware Komputer
  6. Jauhkan dari Benda-Benda Tajam.
    Pisau atau benda-benda tajam perlu dihindari berdekatan dengan perangkat. Layar LCD pada perangkat komputer baik itu yang terpisah seperti komputer desk atau komputer portable adalah cairan kimia yang dilapisi oleh bahan elastis yang transparan (tembus pandang). Benda-benda tajam bisa menyebabkan robeknya atau tergoresnya lapisan luar LCD yang mengakibatkan kebocoran pada layar.
  7. Gunakan Pendingin.
    Perangkat keras sering kali ketika terlalu lama hidup dan dipergunakan menjadi bertambah suhu perangkat tersebut. Komponen menjadi panas. Sebaiknya gunakanlah pendingin eksternal seperti kipas angin atau pendingin alami seperti angin dari luar ruangan.
  8. Gunakan Lapisan Datar dan Keras pada Alas Notebook.
    Kadang ada sebagian orang yang menyukai bekerja dengan laptop kesayangannya sambil tengkurap di atas Kasur. Hal ini perlu dihindari. Usahakan menggunakan alas untuk meletakkan perangkat komputer portable tersebut yang berbahan keras dan juga datar. Meletakkan laptop pada alas kain, karpet, kasur atau bantal yang memiliki permukaan tidak datar serta berbahan yang menyerap dan menahan panas. Hal tersebut akan menghantarkan panas yang dihasilkan oleh perangkat dan dikembali ke perangkat akibat tersentuh langsung sehingga perangkat menjadi lebih cepat panas.
  9. Gunakanlah Software Secukupnya.
    Berkaitan dengan perangkat lunak yang ada terpasang di komputer, sebaiknya memasang program-program yang benar diperlukan dan dipertimbangkan kemampuan spesifikasi dari perangkat yang kita miliki. Hindari terlalu banyak memasang program/software terlebih lagi yang tidak dipergunakan. Banyaknya program yang dipergunakan akan menambah dorongan penggunaan memory, ram dan processor sehingga menjadi berat. Semakin berat, kipas yang ada pada bagian motherboard akan berputar nyaring. Hal ini akan mempengaruhi daya tahan komputer bila didiamkan begitu saja. Cukup pasang dan jalankan program yang dirasa penting (perlu).
Selain merawat bagian perangkat keras diperlukan pula perawatan untuk bagian dalam yaitu perawatan pada perangkat lunak komputer.

Selamat Membaca semoga bermanfaat.