Rapid Typing; Program Latihan Mengetik Cepat 10 Jari

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan program yang bernama Rapid Typing. Program ini dikembangkan leh sebuah situs rapidtyping.com. Di dalam penggunaannya mirip sekali atau mungkin bisa kita sebut dengan permainan menggunakan keyboard. Di dalam program Rapid Typing kita akan disuguhi dengan beberapa lesson atau materi latihan mulai dari Basic, Advance hingga Intermediate dan Expert (dari dasar hingga ahli). Pokok pembelajarannya adalah latihan mengetik cepat 10 jari.

Rapid Typing
Tampilan Pada Saat Bekerja dengan Rapid Typing : Menu Basics
Pengguna akan diberi kesempatan untuk memilih level latihan. Apabila pengguna memilih tingkatan dasar, maka nantinya akan muncul pada layar beberapa huruf yang berderet. Pengguna dilatih untuk menggunakan jari-jari standar pengetikan cepat 10 jari yang ditampilkannya pada bagian bawah layar selayaknya simulasi terhadap apa yang kita lakukan di keyboard kita.

Permainan ini tidak memberikan batas waktu akhir (game over), namun hanya menunjukkan waktu kecepatan kita menekan tombol keyboard sesuai dengan tombol yang diminta pada layar. Pada akhir setiap level latihan, program akan menampilkan waktu kecepatan kita mengetik per karakter, per kata dan akurasi pengetikan. Selain itu juga ditampilkannya sebuah animasi kemenangan dengan mendapatkan apa yang telah dicapai pada penilaian akhir tersebut layaknya sebuah hadiah.

Tampilan Akhir Latihan dan Penilaian
Program Rapid Typing juga mengizinkan kita untuk membuat sebuah latihan dengan versi kita sendiri dengan levelatau tingkatan yang ingin kita masukkan. Karena bahasa Inggris yang umum dipergunakannya, maka pada kata-kata dan paragraf yang nampak adalah berbahasa Inggris. Namun seperti apa yang saya kemukan tadi, kita bisa memaksukkan sebuah artikel yang menggunakan bahasa kita sendiri. Program ini tersedia dalam versi full install dan portable. Jika menu tampilan ingin berbahasa selain Bahasa Inggris, silahkan saja download di sumber asalnya pilihan bahasa lain, disana ada tersedia untuk Bahasa Indonesia juga.

Report Hasil dari Beberapa Kali Latihan
Program Rapid Typing merupakan program latihan komputer yang sangat menyenangkan karena di dalamnya kita diberikan penghargaan, desain tampilannya menarik, penggunannya sederhana dan menggunakan warna-warni yang membantu percepatan pemahaman terhadap materi latihannya. Beberapa kartun atau gambar-gambar lucu juga menghiasi program ini.

Rapid Typing bisa dipergunakan sebagai program pengembangan pembelajaran komputer pada beberapa tingkatan baik itu anak-anak, remaja maupun yang dewasa. Beberapa program lain yang juga pada dasarnya adalah untuk peningkatan kemampuan menggunakan keyboard terdapat banyak sekali, aka tetapi sampai saat ini bagi saya pribadi Rapid Typing berdiri di posisi masih paling depan. Program latihan ini sangat bagus dan bisa menjadi latihan untuk mengembangkan penguasaan keahlian di bidang komputer.


Untuk dapat menggunakannya, kita bisa mengunduh langsung ke situsnya yaitu di Rapidtyping.com