Rahasia Penguasaan Keahlian Menggunakan Komputer

Di era globalisasi dan modernisasi ini, teknlogi komputer berkembang pesat seiring dengan berbagai penemuan-penemuan teknlogi baru dengan kemampuan perangkat komputer dan design tampilan yang juga menarik. Dengan seiringnya kemajuan tersebut, di sudut lain kemampuan SDM dari para penggunanya pun perlu pula ikut berkembang agar menjadi lebih mudah penguasaan dalam menggunakan perangkat komputer.

Sumber Foto dari : http://www.wired.com/2014/08/hire-hacker/

Sebagian orang ada yang rela mengeluarkan uang, menyediakan waktu dan mengorbankan tenaganya untuk mempelajari penggunaan teknlogi komputer tersebut. Ada yang mengikuti kursus, ada yang sekolah khusus terkait dengan teknologi komputer, ada pula yang kuliah jurusan komputer. Semua itu merupakan cara-cara untuk mendapatkan penguasaan komputer.

Akan tetapi walaupun sudah memilih lingkungan yang mendukung pencapaian keahlian tersebut, tidak sedikit pula orang hanya mendapatkan kemampuan sedikit atau bahkan sama dengan orang yang tidak mengecap pendidikan seperti yang disebutkan di atas. Hal ini bisa karena kita belum menemukan rahasia bagaimana cara menguasai keahlian komputer.

Ada 2 dasar rahasia penguasaan teknlogi komputer yang perlu dipelajari dan dilatih.

1. Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Kita yang pernah menggunakan komputer tentu tahu bahwa kebanyakan perangkat lunak, aplikasi, software, petunjuk perangkat keras dan lain-lainnya sebagian besar menggunakan bahasa asing terutamanya berbahasa Inggris.

Apabila kita memiliki kemampuan minimalnya kemampuan berbahasa Inggris Pasif (menerima dan menyerap), maka hal tersebut sangat mendukung sekali guna memahami apa yang dimaksudkan pada penggunaan perangkat-perangkat komputer, mengatasi masalah komputer atau memperbaiki kerusakan komputer.

Sehingga sangat diperlukan kita memiliki dasar penggunaan dan pemahaman terhadap bahasa Komputer yang dimana di dalamnya juga ada terdapat bahasa-bahasa atau istilah komputer. Untuk itulah mempelajari bahasa asing menjadi kebutuhan untuk menunjang penguasaan komputer.

2. Kemampuan Mengetik Cepat

Kemampuan mengetik cepat sangat dibutuhkan dalam penguasaan komputer. Kemampuan mengetik cepat meliputi penguasaan tombol keyboard dan penguasaan keyboard shortcut. Ketika kita mengetik suatu kata, kalimat atau lebih panjangnya paragraf seringkali mata kita secara bergantian melihat konsep ketikan, tombol mana di keyboard yang ditekan dan layar. Hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan ketika kita hapal akan tombol tersebut dan apa yang akan ditekan. Mengingat tombol-tombol keyboard akan membantu agar tidak banyak pandangan ke tombol saat mengetik. Sehingga hal tersebut akan menghemat waktu dalam proses penggunan komputer.

Selain itu pula, beberapa perangkat lunak atau software memiliki tombol shortcut keyboard dengan versi yang berbeda-beda. Pemahaman dan wawasan akan shortcut keyboard bisa menjadikan kita menghemat waktu apabila dibandingkan dengan menggunakan atau menggerakkan mouse ke arah tombol icon-icon toolbar dari program tersebut. Sebagai contoh pada program Microsoft Word, untuk mencetak dokumen kita perlu menggerakkan mouse ke arah tombol print yang mana cursor mouse mungkin tidak berada dekat dengan tombol print. Sehingga kita perlu menggerakan ke arah tersebut. Dengan menggunakan Microsoft Word Shortcut Keyboard, yaitu kombinasi dari tombol CTRL dan P, kita bisa langsung menuju perintah print tanpa harus menggunakan mouse.

Kemampuan menggunakan tombol keyboard yang disertai dengan kemampuan menggunakan keyboard shortcut memerlukan proses. Kemampuan ini tidak dihapal namun perlu diingat dan dibiasakan dengan sering-seringnya latihan menggunakan keyboard.

Beberapa waktu yang lalu ketika kemampuan penggunaan keyboard ini terutama bagi saya sangat penting dalam penguasaan komputer, kemudian saya menemukan beberapa program latihan (sebenarnya seperti permainan untuk anak-anak) namun sangat memberikan pengaruh yang signifikan dalam penggunaan keyboard dengan melatih semua jari atau yang sering disebut dengan kemampuan mengetik 10 jari. Salah satu dari program tersebut adalah Rapid Typing dan dibagikan secara gratis kepada penggunanya.

Selain kecepatan kita dengan memaksimalkan penggunaan 10 jari, juga perlu melatih sedikit demi sedikit hingga kita bisa mengingat pola atau kombinasi umum pada program yaitu keyboard shortcut. Silahkan anda bisa mencarinya di pencarian google dengan kata kunci Keyboard Shortcut. Berilah embel-embel program apa yang ingin anda temukan keyboard shortcutnya seperti Windows Shortcut Keyboard,
Microsoft Word Shortcut Keyboard atau sejenisnya.