Dengan banyaknya
pemikiran, penelitian, eksperimen dalam bidang
pendidikan, banyak pula perkembangan untuk menjadikan pencapaian pendidikan yang lebih baik. Beberapa
metode dalam pembelajaran pun juga merupakan hasil yang dari penemuan baru pada pendidikan dan merupakan alat untuk pencapaian tujuan dari pendidikan itu sendiri.
|
Sumber Foto Dari : http://007indien.blogspot.com/2012/10/kedudukan-pemilihan-dan-penentuan.html |
Setiap
metode dalam pendidikan dan pengajaran membawa kepada hasil yang berbeda dengan berdasarkan
kebutuhan peserta didik, tujuan, latar belakang dan
kemampuan mereka. Metode pengajaran memiliki kelebihan masing-masing dan juga kekurangan yang terdapat di dalamnya. Sehingga yang perlu dilakukan adalah
penyesuaian dengan kondisi pada pembelajaran itu sendiri.
Berikut beberapa metode dalam pembelajaran :
1. Metode Ceramah
|
Sumber Foto Dari : http://panduanguru.com/jenis-metode-pembelajaran-metode-ceramah/ |
Metode yang umum sekali dipergunakan dalam pembelajaran adalah
metode ceramah. Metode ini dikembangkan dengan cara
penyampaian dari guru,
instruktur,
pemateri atau
nara sumber langsung kepada peserta didik.
Metode ceramah merupakan
metode satu arah. Pembicara
menyampaikan materi didengarkan dan
diterima oleh peserta.
2. Metode Diskusi
|
Sumber Foto Dari : http://weblogask.blogspot.com/2013/05/curah-pendapat-brainstorming.html |
Metode diskusi yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan kemampuan peserta didik untuk
saling berbagi pengetahuan dan
pengalaman yang diolah kemudian dibahas dalam
pokok-pokok pembahasan
tertentu. Peserta didik menyampaikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang kemudian peserta didik lain memberi pertanyaan atas permasalahan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Satu sama lain dari peserta didik bisa
memberikan pemikiran dan pendapat mereka masing-masing dengan argumen-argumen.
3. Metode Debat
|
Sumber Foto Dari : http://weblogask.blogspot.com/2013/05/curah-pendapat-brainstorming.html |
Metode pembelajaran dengan
debat merupakan metode yang hampir mirip dengan
diskusi. Setiap peserta mengolah informasi yang mereka dapat dan menjadikannya argumen-argumen. Namun pada metode debat mengantarkan peserta dalam dua atau lebih
versi pendapat (benar atau salah) dengan berdasarkan
argumen-argumen yang
kuat dan logis.
4. Metode Presentasi
|
Sumber Foto Dari : http://pengetahuansofian.blogspot.com/2012/11/metode-pembelajaran.html |
Presentasi adalah suatu kegiatan
berbicara di hadapan banyak orang. Berbeda dengan
pidato yang lebih sering dibawakan dalam
acara resmi dan
acara politik,
presentasi lebih sering dibawakan dalam
acara bisnis atau
promosi.
Presentasi berdasarkan
Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti
menyajikan atau mengemukakan. Atau secara jelasnya presentasi bisa diartikan
menyajikan atau mengemukakan informasi kepada orang lain dengan tujuan bermacam-macam seperti, memberi tahu, mempengaruhi ataupun mengajak (persuasif). Namun demikian pada saat ini presentasi juga dilakukan dalam proses pembelajaran, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa.
6. Metode Observasi
|
Sumber Foto Dari : https://gurutercinta.wordpress.com/2012/05/24/metode-pembelajaran/ |
Metode observasi adalah metode pembelajaran dengan
pengumpulan data dengan mengadakan
pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati. Banyaknya periode observasi yang perlu dilakukan dan panjangnya waktu pada setiap periode observasi tergantung kepada jenis data yang dikumpulkan. Apabila observasi itu akan dilakukan pada sejumlah orang, dan hasil observasi itu akan digunakan untuk mengadakan perbandingan antar orang-orang tersebut, maka hendaknya observasi terhadap masing-masing orang dilakukan dalam situasi yang relatif sama.
7. Metode Tanya Jawab
|
Sumber Foto Dari : https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan/ |
Metode Tanya Jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk
pertanyaan yang harus dijawab, terutama
dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula
dari siswa kepada guru.
Metode tanya jawab adalah metode yang tertua dan banyak digunakan dalam proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.
Metode ini dapat diklasifikasikan sebagai
metode tradisional atau
konvensional. Dalam metode tanya jawab, guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa menjawabnya, atau sebaliknya siswa bertanya guru menjelaskan. Dalam proses tanya jawab, terjadilah
interaksi dua arah. Guru yang demokratis tidak akan menjawabnya sendiri, tetapi akan melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa atau kelompok lainnya tanpa merasa khawatir dinilai tidak dapat menjawab pertanyaan itu. Dengan metode tanya jawab tidak hanya terjadi interaksi dua arah tetapi juga banyak arah.
Dalam sekali pembelajaran kita bisa menggunakan kombinasi atau menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran. Hal ini bergantung banyaknya waktu (durasi) dalam pertemuan, kebutuhan pencapaian pembelajaran,
No comments:
Post a Comment