Metode Pembelajaran

Dengan banyaknya pemikiran, penelitian, eksperimen dalam bidang pendidikan, banyak pula perkembangan untuk menjadikan pencapaian pendidikan yang lebih baik. Beberapa metode dalam pembelajaran pun juga merupakan hasil yang dari penemuan baru pada pendidikan dan merupakan alat untuk pencapaian tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Sumber Foto Dari : http://007indien.blogspot.com/2012/10/kedudukan-pemilihan-dan-penentuan.html
Setiap metode dalam pendidikan dan pengajaran membawa kepada hasil yang berbeda dengan berdasarkan kebutuhan peserta didik, tujuan, latar belakang dan kemampuan mereka. Metode pengajaran memiliki kelebihan masing-masing dan juga kekurangan yang terdapat di dalamnya. Sehingga yang perlu dilakukan adalah penyesuaian dengan kondisi pada pembelajaran itu sendiri.

Berikut beberapa metode dalam pembelajaran :

1. Metode Ceramah

Sumber Foto Dari : http://panduanguru.com/jenis-metode-pembelajaran-metode-ceramah/

Metode yang umum sekali dipergunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah. Metode ini dikembangkan dengan cara penyampaian dari guru, instruktur, pemateri atau nara sumber langsung kepada peserta didik. Metode ceramah merupakan metode satu arah. Pembicara menyampaikan materi didengarkan dan diterima oleh peserta.

2. Metode Diskusi

Sumber Foto Dari : http://weblogask.blogspot.com/2013/05/curah-pendapat-brainstorming.html
Metode diskusi yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan kemampuan peserta didik untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman yang diolah kemudian dibahas dalam pokok-pokok pembahasan tertentu. Peserta didik menyampaikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang kemudian peserta didik lain memberi pertanyaan atas permasalahan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Satu sama lain dari peserta didik bisa memberikan pemikiran dan pendapat mereka masing-masing dengan argumen-argumen.

3. Metode Debat

Sumber Foto Dari : http://weblogask.blogspot.com/2013/05/curah-pendapat-brainstorming.html
Metode pembelajaran dengan debat merupakan metode yang hampir mirip dengan diskusi. Setiap peserta mengolah informasi yang mereka dapat dan menjadikannya argumen-argumen. Namun pada metode debat mengantarkan peserta dalam dua atau lebih versi pendapat (benar atau salah) dengan berdasarkan argumen-argumen yang kuat dan logis.

4. Metode Presentasi

Sumber Foto Dari : http://pengetahuansofian.blogspot.com/2012/11/metode-pembelajaran.html

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau promosiPresentasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti menyajikan atau mengemukakan. Atau secara jelasnya presentasi bisa diartikan menyajikan atau mengemukakan informasi kepada orang lain dengan tujuan bermacam-macam seperti, memberi tahu, mempengaruhi ataupun mengajak (persuasif). Namun demikian pada saat ini presentasi juga dilakukan dalam proses pembelajaran, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa.

6. Metode Observasi

Sumber Foto Dari : https://gurutercinta.wordpress.com/2012/05/24/metode-pembelajaran/
Metode observasi adalah metode pembelajaran dengan pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati. Banyaknya periode observasi yang perlu dilakukan dan panjangnya waktu pada setiap periode observasi tergantung kepada jenis data yang dikumpulkan. Apabila observasi itu akan dilakukan pada sejumlah orang, dan hasil observasi itu akan digunakan untuk mengadakan perbandingan antar orang-orang tersebut, maka hendaknya observasi terhadap masing-masing orang dilakukan dalam situasi yang relatif sama.

7. Metode Tanya Jawab

Sumber Foto Dari : https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan/
Metode Tanya Jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Metode tanya jawab adalah metode yang tertua dan banyak digunakan dalam proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.

Metode ini dapat diklasifikasikan sebagai metode tradisional atau konvensional. Dalam metode tanya jawab, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa menjawabnya, atau sebaliknya siswa bertanya guru menjelaskan. Dalam proses tanya jawab, terjadilah interaksi dua arah. Guru yang demokratis tidak akan menjawabnya sendiri, tetapi akan melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa atau kelompok lainnya tanpa merasa khawatir dinilai tidak dapat menjawab pertanyaan itu. Dengan metode tanya jawab tidak hanya terjadi interaksi dua arah tetapi juga banyak arah.

Dalam sekali pembelajaran kita bisa menggunakan kombinasi atau menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran. Hal ini bergantung banyaknya waktu (durasi) dalam pertemuan, kebutuhan pencapaian pembelajaran,