Belajar Cepat Bahasa Baru

Banyak dari kita ingin sekali menguasai bahasa asing dengan cepat, namun hanya sebagian orang saja yang memiliki teknik, cara, strategi dan pola pikir yang sesuai dengan cara belajarnya masing-masing. Banyak pula lembaga, tempat, wahana, pelatihan guna meningkatkan dan mempercepat belajar bahasa. Namun tidak semuanya bisa menjadi efektif sesuai dengan kemampuan dan daya setiap orang hingga tidak begitu menjadikan hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa hal yang saya dapatkan dari sebuah sumber guna meningkatkan kecepatan pemahaman dan pengembangan bahasa asing.

Jangan Menjadi Orang Tertinggal

Mulailah dengan mendengarkan kepada pembicara yang memiliki latar belakang bahasa sama dengan kita. Dengan cara itu kata-kata akan berbeda, tetapi tidak begitu berbeda. Walupun begitu, otak kita akan memproses bunyi-bunyi yang mirip lebih mudah membiarkan kita terfokus.

Jangan Tertekan

Ketika kita memulai bekerja pada aksen, jangan khawatir terlalu banyak di bagian pendahuluan mengenai perputaran rrrrrrr atau terpaku pengucapan dari Eyjafjallajökull. Jika kita merupakan orang yang lebih tua dari seorang remaja, telinga kita tidak dapat menangkap semua terjemahan.

Perlahan

Setelah kita merasa nyaman dengan aksen tersebut dan dapat mendengar perbedaan antara pengucapan-pengucapan, mulailah menggabungkan bunyi-bunyi yang tepat. Jangan panik mengenai abjad yang aneh dan semua kosa katanya.

Lebih Baik Terdengar Lucu daripada Menjadi Bodoh

Banyak orang seringkali seperti berdiam di tempat nyamannya mereka, ketika hal itu datang untuk berbicara sebuah bahasa baru. mungkin beberapa dari kita seberapa takutnya ditertawakan, dengan aksen kita yang lucu. Tetapi jika kita benar-benar mencobanya dengan sungguh-sungguh, hanya orang-orang bodoh yang tidak bisa menghargai jerih payah usaha. Simpan saja dipikiran bahwa yang mentertawakan kepada kita mungkin saja hanya bisa berbicara dalam satu bahasa kurang dari kita.

Dalami, Pelajari Budaya yang Datang dengan Bahasa

Kata-kata dan ungkapan-ungkapan sering berkaitan kepada kenyataan lokal, kebiasaan dan budaya-budaya. Jika kita mencoba untuk menghubungkan kata-kata dengan maksud tersebut "dalam kehidupan nyata", kita akan tidak hanya menjadi mampu untuk mengingat hal-hal tersebut dengan mudah, kita akan mampu untuk menggunakannya di dalam atau di luar dari konteksnya, dan bahkan lebih baik. Kita akan lebih baik menjadi mampu untuk untuk mengetahui kata-kata lain yang tidak dimengerti, seputar kata-kata yang kamu lakukan. Semua bahasa merupakan jendela-jendela yang terbuka kepada bagian budaya dan mereka adalah kesempatan yang luar biasa untuk belajar cara baru dalam pandangan hidup dan idea-ide baru.

Jangan Jadi Orang Tertinggal, Tetapi Perhatikan dan Dengarkanlah!

Mulailah menonton siaran televisi atau film-film dalam bahasa yang ingin kita pelajari, dengan terjemahannya. Dengan cara tersebut kita dengan cara bertahap dapat menyesuaikan telinga dan pendengaran kita bagaimana  pembicara asli dalam situasi sesungguhnya. Akhirnya kita akan dapat mulai mengenali pola kalimat dan kata-kata individu.

Referensi :

  1. Learn a New Language Fast

Catatan :