Mengenal Latar Belakang Anak Didik

Latar Belakang anak didik merupakan keadaan dari atau dimana ia berasal. Latar belakang anak didik kita jika dikaitkan dengan pendidikan keluarga adalah :

Original Source from : http://www.pptback.com/education-pencil-hands-on-study-education-pptbackground.html

Keluarga Sangat Peduli Pendidikan

Keluarga yang peduli pendidikan pada umumnya berasal dari orang tua yang pernah mengecap dunia pendidikan atau pendidikan dianggap oleh keluarga anak didik tersebut merupakan hal yang paling utama bagi keluarganya. Indikator keluarga yang sangat peduli pendidikan diantaranya adalah, anak mereka diajarkan hal-hal baik, akhlak yang sopan, tata krama, adab dan mengajarkan kepercayaan diri tinggi untuk berkembang di dalam masyarakat.

Keluarga Kurang Peduli Pendidikan

Sedangkan keluarga kurang peduli pendidikan adalah keluarga yang menjadikan pendidikan dalam keluarganya adalah pilihan cara untuk berkembang dalam masyarakat. Indikator keluarga ini adalah mereka tidak terlalu memperhatikan dan mengajarkan bagaimana cara yang paling terbaik agar anak mereka berkembang di dalam masyarakat. Keluarga ini menganggap pendidikan hanya tuntutan status bukan kebutuhan secara pribadi dalam rangka pencapaikan hidup yang layak.

Keluarga Acuh Pendidikan

Keluarga yang satu ini merupakan keluarga yang tidak memahami pendidikan itu bagaimana, untuk apa, manfaatnya dimana. Keluarga yang acuh terhadap pendidikan anak mereka sebenarnya tidak selalu dikarenakan oleh faktor ekonomi yang minim. Pada kenyataan di lapangan ada pula keluarga yang sangat berkecukupan, namun pendidikan bagi anak mereka tidak menjadi keharusan.

Selain berdasarkan oleh pendidikan, latar belakang anak didik bisa juga dipengaruhi oleh tingkat ekonomi keluarga :

Keluarga Berkelebihan

Keluarga berkelebihan kita bisa sebut sebagai kelas keluarga kaya. Secara materiil, mereka memiliki kemampuan yang lebih dari pada keluarga lainnya. Sehingga jikalau pendidikan menjadi nomor satu, maka keluarga ini akan memberikan kesempatan yang sangat luar kepada anak mereka untuk belajar bahkan kalau perlu di sekolah terdepan atau diluar yang dianggap kualitas pengembangan pendidikannya lebih bagus.

Keluarga Berkecukupan

Keluarga berikut ini adalah keluarga yang dari segi ekonomi memiliki kemampuan yang cukup untuk memberikan kesempatan dan kebutuhan anak mereka akan pendidikan. Mereka melihat kualitas lembaga pendidikannya dan kemampuan keluarganya agar sesuai diantara kedua hal tersebut, namun tetap memberikan pendidikan yang layak bagi anak mereka.

Keluarga Berkekurangan

Sedangkan keluarga yang satu ini adalah latar belakang ekonomi keluarga yang kurang mampu atau tidak mampu untuk memberikan kesempatan dan kebutuhan yang pantas bagi anak mereka. Walaupun secara ekonomi, keluarga yang satu ini bisa saja terjadi pengecualian. Mereka mencoba mencarikan jalan terbaik agar pendidikan anak mereka menjadi nomor terdepan dalam kebutuhan keluarga.