Mengenal Jiwa Anak Didik

Mengenal anak didik bisa kita maknai mengetahui siapa dan bagaimana anak didik kita. Selayaknya guru, anak didik juga seorang manusia yang memiliki kebutuhan, keinginan, harapan, tujuan dalam hidupnya masing-masing. Dari kecilnya, anak didik belajar mengenal, mencoba dan menerapkan apa yang dipahaminya dan mengembangkan diri dengan rasa keingintahuannya. Melewati proses hidup anak didik yang dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan dan di dunia pendidikan ia juga dipengaruhi oleh pendidikan. Dari pengalaman yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari, anak didik memiliki kemampuan dan cara yang berbeda beda untuk hidup berkembang.

Original Source from : http://azmi648.blogspot.com/2012/04/kecerdasan-menurut-howard-gardner.html

Dengan adanya perbedaan di setiap anak didik, tentu saja kita sebagai guru mesti mengenal mereka baik dari latar belakang, lingkungan dan kemampuan yang ada didalam dirinya. Hal ini sangat berguna bagi guru untuk memudahkan transfer /sharing wawasan dan pengalaman sang guru kepada anak didik. Dari diri anak didik, ia pun dengan mudah bisa menerima dan memahami apa yang dipelajarinya ketika bersama "guru".

Untuk mengenal anak didik kita, kita mesti mengenal beberapa hal yang diantaranya adalah yang telah disebutkan sebelumnya yaitu:

Latar Belakang Anak Didik

Latar Belakang anak didik merupakan keadaan dari atau dimana ia berasal. Latar belakang anak didik kita jika dikaitkan dengan pendidikan keluarga adalah :
  1. Keluarga Sangat Peduli Pendidikan
  2. Keluarga Kurang Peduli Pendidikan
  3. Keluarga Acuh Pendidikan
Selain berdasarkan oleh pendidikan, latar belakang anak didik bisa juga dipengaruhi oleh tingkat ekonomi keluarga :
  1. Keluarga Berkelebihan
  2. Keluarga Berkecukupan
  3. Keluarga Berkekurangan

Psikologi

Psikologi atau dengan istilah umumnya adalah kejiwaan yaitu keilmuan yang mempelajari mengenai jiwa manusia / anak didik. Setiap anak didik memiliki kejiwaan yang berbeda-beda bahkan satu sama lain bisa saja sangat jauh perbedaannya. Berdasarkan psikologi, siswa kita bisa dibedakan menjadi Introvert dan Ekstrovert :
  1. Introvert adalah seseorang yang lebih mengutamakan berpikir akan dirinya.
  2. Ekstrovert adalah seseorang yang dimana lebih banyak berpikir akan lingkungan sekitar dia.
Sedangkan apabila dilihat dari segi kecerdasan, maka anak didik kita bisa dikenal dari macam kecerdasannya, yaitu :
  • Kecerdasan Emosional
  • Kecerdasan Intelektual
  • Kecerdasan Spritual

Fisikologi

Fisikologi adalah keilmuan yang dikhususkan mempelajari mengenai bagian fisik anak didik.
  • Fisik normal adalah bentuk fisik dimana anak didik memiliki bentuk, jumlah dan fungsi yang normal umumnya pada manusia. Pada tipe anak didik berfisik normal bisa digolongkan dan dibedakan menjadi per bagian kepala dan wajah, tubuh bagian atas atau badan, tubuh bagian bawah.
  • Fisik abnormal adalah bentuk fisik dimana anak didik memiliki bentuk, jumlah dan fungsi yang tidak semestinya atau tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya. Dalam jenis ini, abnormal tersebut secara umum digolongkan menjadi Tuna Netra (Gangguan Penglihatan), Tuna Rungu (Gangguan Pendengaran), Tuna Wicara (Gangguan Pembicaraan).