Belajar Bersama

Belajar merupakan cara seseorang menemukan informasi dan wawasan untuk mendapatkan pemecahan dari pertanyaan-pertanyaan. Seseorang yang belajar mencoba berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang dimaksud dengan cara yang tercepat dan terbaik. Banyak yang bingung menemukan cara dan metode-metode belajar tersebut sehingga bergabung ke dalam sekolah yang memiliki metode-metode belajar yang bervariasi.
Kerjasama Tim
Kerjasama Tim
Sumber :
Di sekolah kita bisa menemukan cara atau metode belajar yang sesuai dengan kemampuan belajar kita. Hal tersebut dapat kita terapkan ketika waktu di luar jam belajar sekolah seperti saat istirahat atau saat di rumah yang selanjutnya dapat dilakukan secara rutin atau terarah.

Dari sekian banyak cara atau metode belajar yang ada, salah satunya adalah belajar bersama. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan belajar bersama. Berikut beberapa yang saya akan utarakan mengenai manfaat dari belajar bersama.

Manfaat Belajar Bersama

Kaya Wawasan dan Informasi
Sumber :
  1. Mempercepat Menemukan Informasi.
    Layaknya sebuah kelompok yang mendayung perahu untuk mencapai tujuan mereka. Bayangkan pula jika kita mencari sesuatu di suatu tempat terlebih lagi tempat itu luas, bila dilakukan dengan berbagi tugas dan berbagi lokasi pencarian tentu menjadi lebih baik bukan? Nah, sama pula dengan cerita mendayung tadi, jika mereka mengayuh secara bersama-sama, maka menjadi mungkin sekali kelompok tersebut akan lebih cepat mencapai tujuan tersebut dengan waktu dan tenaga yang lebih efesien.
  2. Memperbanyak Wawasan Mengenai Topik.
    Karena kita tidak berpikir sendirian dengan masalah yang ada, maka informasi yang sama-sama dimiliki akan lebih kaya bila disatukan untuk mendapatkan pemecahan terhadap soal-soal yang dihadapi.
  3. Mempermudah Mengolah Informasi.
    Masing-masing dari kita memiliki potensi yang luar biasa karena kita bisa saling mendukung untuk mencerna informasi yang dikumpulkan dan memilihnya menjadi informasi yang matang atau lebih baik dengan menggabungkan kemampuan bersama.
  4. Menyenangkan.
    Adalah hal yang sangat penting dalam belajar dan kadang pada metode atau cara lain biasa dilupakan. Belajar harus menyenangkan, karena belajar tanpa rasa senang akan membuat kita menjadi tertekan (stres) dan informasi yang diolah tidak menjadi lebih baik. Dengan belajar bersama, kita bisa lebih senang dan tidaklah menjadi sendiri dalam menghadapi masalah. Anggap saja seperti berjalan di gelapan sendirian, menakutkan bukan? Bila kita berteman tentu menjadi cerita yang lain dan tidak lagi sepi dan menakutkan.
  5. Belajar Lebih Semangat.
    Mungkin saja saat belajar sendiri menjadi sangat berat bagi yang tidak terbiasa. Oleh sebab itu, dengan belajar bersama melihat kecerian dan semangat kawan-kawan bisa membuat kita terpengaruh menjadi ikut besemangat pula.
Selain manfaat dalam belajar bersama, nantinya juga kita mungkin akan berhadapan dengan berbagai macam tantangan-tantangan agar belajar bersama tersebut menjadi lebih baik dari belajar sendiri. Berikut beberapa tantangan yang mungkin dihadapi.

Tantangan Belajar Bersama

Tantangan dalam Kelompok
Sumber :
  1. Menemukan Waktu yang Tepat.
    Semakin banyak orang semakin banyak tantangan untuk menemukan waktu dan tempat yang ingin dipastikan. Setiap orang mungkin saja memiliki saran untuk menentukan kesepakatan tersebut karena masing-masing punya ide atau pula kesibukan dalam waktu-waktu tertentu dan itu lah dalam sebuah kelompok.
  2. Mengolah Informasi yang Banyak.
    Orang yang lebih dari satu berarti kemungkinan besar informasi tidak bersumber dari satu orang saja melainkan dari berbagai macam sumber. Kelompok akan menjadi tertantang karena banyaknya informasi yang didapatkan agar dapat disaring dengan cara yang tepat hingga menghasilkan informasi berguna terhadap topik yang dibahas.
  3. Ketidakterarahan.
    Jika dalam kelompok terdapat tujuan yang belum jelas apa yang ingin dicapai dalam belajar bersama tersebut, bisa membawa anggota untuk menemukan tujuan masing-masing. Hal ini sangat penting untuk tetap dalam batasan pembahasan topik yang dimaksud. Jika tujuan tidak bisa dipahami apa yang diinginkan kelompok, sedikit banyak sedikit kerancuan dapat menimbulkan ketidaktarikan apa yang seharusnya dibahas sehingga timbul pembahasan dari topik lain yang tidak terkait.
  4. Perlunya Kesabaran.
    Penting untuk dipahami bahwa setiap anggota memiliki potensi pemikiran yang tidak selalu sama, sehingga perlu menjaga kesabaran diri untuk mencapai tujuan belajar kelompok tersebut dan toleransi selalu menjadi salah satu cara memahami pendapat dari orang lain.
  5. Tolerasi dalam Kelompok.
    Toleransi dalam belajar kelompok sangat diperlukan untuk memahami pendapat dari sisi orang lain (anggota yang lain). dengan ini kita bisa membiasakan diri untuk saling menghargai apa yang diutarakan oleh anggota lainnya.
Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dan tantangan belajar dengan bersama, selanjutnya kita akan mencoba cara belajar tersebut dengan tindakan-tindakan (action) -nya.

Bagaimana Caranya?

  1. Tahap Pertama.
    Tentukan permasalahan atau topik ingin dibahas. Kemudian ajak atau hubungi orang-orang dalam kelompok. Bila belajar kelompok mandiri (di luar waktu belajar sekolah), kita bisa menghubungi anggota kelompok secara langsung atau bisa pula menggunakan alat telekomunikasi bila memungkinkan.
  2. Tahap Kedua.
    Tentukan waktu dan tempat yang sama-sama memungkinkan atau anggota kelompok lebih bisa hadir. Usahakan dengan sebaik-baiknya agar semua kawan-kawan di kelompok bisa berhadir. Hindari menentukan waktu dan tempat sendiri.
  3. Tahap Ketiga.
    Saling menjaga komunikasi lah sebelum bertemu di waktu dan tempat yang telah ditentukan agar setiap anggota kelompok terhindari dari kelupaan akan kesepakatan tersebut.
  4. Tahap Keempat.
    Siapkan masing anggota bahan dan informasi yang terkait dengan topik yang akan dibahas nantinya. Jangan lupa bawa bahan, catatan, informasi yang telah didapatkan terlebih dahulu saat bertemu di belajar bersama. Bawa pula buku catatan untuk mencatat informasi-informasi yang didapatkan saat membahasnya bersama dalam kelompok.
  5. Tahap Kelima.
    Saat bertemu dengan waktu dan tempat yang telah disepakati, mulailah dengan santai membuka permasalahan atau topik tersebut dan tujuan dalam pertemuan tersebut.
  6. Tahap Keenam.
    Berbagi informasilah secara bergantian dan selalu menjaga sikap untuk tetap saling menghargai pendapat dan informasi yang masing-masing dapatkan. Tanggapi atau beri komentar atas informasi yang disampaikan oleh masing-masing anggota.
  7. Tahap Akhir.
    Catatlah informasi yang penting dan mendukung untuk mendapatkan penyelesaiaan permasalahan yang dibahas. Simpulkan seara bersama-sama dan berilah masing-masing anggota komentar akan kesimpulan yang bisa didapatkan.
Dari penjelasan di atas semoga kita bisa menemukan informasi dan wawasan dalam penyelesaian tantangan belajar yang selama ini kita hadapi. Walaupun mungkin penjelasan belum termasuk sempurna, semoga saja bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih sudah membaca, semoga bermanfaat informasinya.