Tips Mempelajari Soal-Soal Ujian

Selain mempelajari bahan bacaan untuk Ujian Nasional dari buku catatan, buku paket, bahan bacaan dari referensi lainnya adapula sumber belajar dari soal-soal ujian yang terdahulu atau soal-soal prediksi. Mempelajari semua soal-soal terlebih lagi mempelajarinya satu demi satu soal akan memakan waktu yang lama dan soal-soal tersebut tidaklah tentu keluar dalam Ujian Nasional dengan soal yang sama.

Sumber Ilustrasi : trentopik.com

Untuk mempelajari soal-soal tersebut dengan mudah dan tepat ada beberapa cara :

1. Kenali secara umum bidang pelajaran dari soal

Sekarang ini ada 3 bidang atau mata pelajaran yang diujikan secara nasional seperti Matematika, Ilmi Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Sedangkan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) ditambahkan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Masing-masing mata pelajaran memiliki karakter tersendiri pada soal-soalnya. Misalnya matematika memiliki karakter jumlah soal lebih sedikit dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya namun lebih mencolok terhadap bentuk angka-angka. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memiliki karakter soal lebih banyak dari jumlah kata yang dipergunakan dalam soal-soalnya. Lain lagi dengan IPA yang memiliki kombinasi antara keduanya, disamping ada (sedikit) angka dan rumus juga terdapat penggunakan kata-kata. Dari beberapa karakter baik itu tipe dan jumlah item soalnya, memungkinkan kita untuk memahami isinya dari soal-soalnya.

2. Kelompokkan jenis-jenis soal menurut bentuknya

Dari sekian banyak jumlah item soal, kita perlu mengelompokkan terlebih dahulu jenis atau bentuk dari soal-soal tersebut sebelum mempelajari lebih jauh ke dalam soal. Dengan mengelompokkan jenis atau bentuk soal, kita bisa mengatur strategi (cara) bagaimana dan sebanyak apa waktu untuk penyelesaian jenis soal-soal tersebut.
  • Jenis Soal Cerita Pendek (Teks Panjang)
  • Jenis Soal Kalimat Singkat atau Beberapa Kata
  • Jenis Soal Isian Kata pada Kalimat
  • Jenis Soal Gambar
  • Jenis Soal Simbol atau Tanda
  • Jenis Soal Tabel Data
  • Jenis Soal Prosedur atau Menyusun Urutan

3. Pelajari satu contoh dari jenis soal dan tentukan strategi menjawabnya

Setelah mengetahui pengelompokkan soal menurut jenisnya, selanjutnya adalah mencari cara penyelesaian jenis soal tersebut. Penyelesaian soal sangat terbantu apabila kita menguasai teknik membaca seperti teknik membaca cepat scanning atau scamming. Kedua teknik tersebut perlu dikuasai karena dalam ujian kita dituntut untuk menyelesaikan soal atau menjawab soal dengan waktu yang terbatas.