Facebook Sebagai Media Pembelajaran TIK yang Bagus dan Menyenangkan

Facebook.com merupakan salah satu situs jejaring sosial (Social Network) yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Ia membuat situs ini untuk setiap orang bisa terhubung antara satu sama lain, membangun relasi, hubungan sosial, berbagi pengalaman dan agar bisa dinikmati oleh seluruh kalangan secara gratis.


Bagi sebagian orang yang merupakan penggunanya, facebook hanya dianggap sebagai situs media berkenalan, mendapatkan teman baru, hiburan, ngobrol saja. Akan tetapi dengan fasilitas yang disediakan oleh facebook, setiap orang yang saling terhubung bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang luar biasa. Sebagai contoh fasilitas yang tersedia seperti grup.

Grup di facebook memungkinkan kita bisa saling bertukar pikiran, berdiskusi mengenai suatu masalah atau topik tertentu, saling berbagi data serta informasi satu sama lain bahkan dengan tanpa dibatasi oleh jarak. Anggota grup pun bisa kita batasi tentunya oleh akun adminnya. Siapa saja dan dari mana saja anggotanya bisa dikontrol. Sehingga facebook bisa kita pergunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Dengan adanya hubungan antar akun, setiap orang bisa membangun komunikasi yang mudah, luas dan menyenangkan. Komunikasi yang mudah dkarenakan selain tidak terbentur oleh jarak atau lokasi masing-masing pengguna, facebook memiliki fasilitas bahasa-bahasa dunia terlebih lagi bahasa internasional. Kita tidak harus selalu mengerti Bahasa Inggris yang dipergunakan karena Bahasa Indonesia pun sudah tersedia. Disamping itu kemudahan lainnya adalah setiap akun mudah untuk menyampaikan informasi entah itu secara broadcast ke umum lewat status facebook, secara rahasia lewat private message atau facebook chat, bisa pula hanya di dalam facebook group saja.

Komunikasi yang luas karena facebook memungkinkan kita bisa saling berkenalan dan membangun relasi dengan orang-orang yang belum dikenal atau sudah lama tidak berjumpa (seperti teman-teman alumni). Hubungan komunikasi pun bisa kita bangun dengan orang-orang lokal hingga orang-orang yang berada di negara lain didunia. Bila saja kita membangun komunikasi dengan orang yang berbeda negara sedikit banyaknya kita akan mendapatkan pengalaman dan wawasan dalam melatih menggunakan bahasa internasional.

Facebook juga memiliki nilai komunikasi yang bersifat menyenangkan. Menyenangkan disini maksudnya adalah kita bisa sebebas-bebasnya menggunakan fasilitas yang disediakan oleh facebook tanpa perlu khawatir tentang biaya karena facebook dibuat dengan fasilitas gratis. Selain itu kita bisa memanfaatkan facebook sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. Misalnya kita ingin membuat kelompok atau mencari teman dalam suatu kelompok yang memiliki hobi atau kesenangan yang sama sehingga kita bisa belajar dan mengembangkan diri bersama-sama dengan yang lain. Disamping berbagi pengetahuan dan wawasan kita juga bisa berbagi perasaan atau emosi yang kita rasakan lewat facebook status atau yang lainnya secara plong hanya saja kita perlu memperhatikan kata-kata yang dipergunakan tidak melanggar aturan seperti pelecahan, pencemaran nama baik, SARA, penyampaian ketidak-benaran dan sejenisnya.