Latihan Kreatif untuk Indera Penciuman

Indera penciuman, indera berikutnya yang akan kita bahas pada sesi ini. Tentu sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa Indera Penciuman kita adalah hidung. Hidung memiliki bentuk yang unik terlepas dari kemancungannya. Hidung berbentuk menyerupai segi tiga dan terdapat dua lubang dibagian dalamnnya dan dibentuk dari tulang rawan manusia yang tidak mudah patah karena sifatnya yang lebih elastis dibandingkan dengan tulang keras. Di setiap lubang hidung terdapat rambut-rambut yang disebut dengan bulu hidung, ada yang tebal dan adapula yang tipis.
Hidung
Sumber Asal Foto : http://joyreactor.com/tag/nose
Hidung manusia memiliki dua fungsi utama, diantaranya adalah fungsi Hidung sebagai alat pernapasan dan sebagai alat indera penciuman. Hidung juga berperan dalam resonansi suara dan menyaring udara yang masuk ke dalamnya. Berbagai jenis bau wangi maupun busuk dapat dicium oleh kita melalui Hidung. Seperti bau perfum, bau makanan, bau minuman (kopi dan teh), bau amis, bau busuk atau bau badan serta bau yang lainnya.

Bayangkan jika kita tidak memiliki hidung, tentu akan menjadi sulit untuk bernafas. Atau kepekaan hidung kita terganggung, bisa-bisa kita susah membedakan bau yang enak dan tak enak seperti ketika kita sedang terserang influensa.

Setiap benda yang ada disekitar kita sebenarnya memiliki bau tersendiri dan juga memiliki intensitas atau tingkatan kepekaan bau yang sangat tercium, cukup tercium bahkan ada benda-benda yang baunya tidak terlalu tercium.
Lubang Hidung
Sumber Asal Foto : http://unikversiti.blogspot.com/2013/07/makro-lubang-hidung.html
Sebelum kita membahas mengenai cara meningkatkan kemampuan penciuman kita, tentu lebih bagus kalau lebih dulu kita ketahui bersama fungsi dan keuntungan dari indera penciuman yang kita miliki.

Fungsi dan Keuntungan Indera Penciuman :

1. Menghangatkan Udara dan Tubuh

Pernah kita pergi ke gunung yang dingin dan anda tetap dapat bernafas tanpa terganggu? Ya, ini terjadi karena pembuluh kapiler dalam hidung yang berada pada daerah sekitar rongga hidung mengalami pembesaran alami, pembesaran alami ini akan menghangatkan oksigen yang masuk dalam hidung kita. Tentunya, pembuluh darah tersebut akan membesar dan mengecil dengan alami berdasarkan suhu udara sekitar juga.1

2. Menghirup dan Mengeluarkan Udara

Hidung dalam sistem pernafasan bisa kita bayangkan seperti perisai yang menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh tersebut baik atau tidak. Pertukaran oksigen O2 dengan karbon dioksida CO2 dari darah juga merupakan fungsi hidung yang di dalam rongga hidung yang di dalamnya terdapat rambut dan selaput lendir.

Kemudian, udara yang masuk ke dalam hidung ini di atur kelembaban suhunya agar sesuai dengan tubuh. Sehingga udara di dalam rongga hidung ini dapat diidentifikasi sebagai bau yang layak atau tidak layak di cium. Kemudian udara ini akan diteruskan kepada organ pernafasan yang lain sampai kepada paru-paru yang kemudian diedarkan bersama aliran darah pada setiap organ tubuh manusia.2

3. Mengenai Berbagai Jenis dan Macam Bau-bauan

Hidung sebagai indera penciuman manusia. Manusia bisa mengenal berbagai macam bau-bauan dari bau yang sedap, kurang sedap hingga bau busuk dari gas yang dikeluarkan oleh benda-benda yang ada di alam ini.

4. Mempercantik Wajah

Selain fungsinya secara biologis diatas, hidung juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah manusia. Banyak orang berlomba-lomba ingin membuat hidungnya kelihatan lebih menarik seperti memancungkannya, merapikan bulu hidung, membersihkan permukaan (bagian luar) hidung dan lainnya. Kita (manusia) tentu akan terasa aneh bila tidak memiliki hidung, seakan-akan ada ruang kosong pada bagian wajah kita. Tentulah kita patut untuk bersyukur masih karena memiliki hidung terlebih lagi berfungsi normal. Tuhan sudah menciptakan bentuk hidung dan fungsinya yang terbaik untuk manusia, kita perlu merawat dan melatih fungsinya itu agar memiliki manfaat.

Cara Kerja Hidung

Bagaimana proses hidung membau suatu aroma atau bau? Sebagai benda gas, bau berbaur menjadi satu dengan gas-gas lain di dalam udara. Saat kita menghirup udara pernapasan, bau tersebut ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir. Selanjutnya, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau serta diteruskan ke pusat penciuman dan saraf pembau. Oleh otak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita dapat mencium bau yang masuk hidung.3

Latihan Kreatif Indera Penciuman

Berikut beberapa latihan kreatif guna meningkatkan pembelajaran yang berkaitan dengan indera penciuman :
  1. Sediakanlah beberapa benda-benda yang cukup menyimpan atau memiliki bau yang lebih kuat dan khas. Sebagai contoh seperti bumbu-bumbu masak.
  2. Cobalah cium satu persatu dan rasakan bau khas dari benda tersebut.
  3. Gantilah untuk mencium benda yang lain dan mulailah membedakan bau-bau diantara benda-benda tersebut.
  4. Mintalah bantuan teman kita untuk memegang dan mendekatkan benda satu persatu ke dekat hidung kita, kemudian kita menebaknya dengan mata tertutup.
  5. Jika kita sudah terbiasa dengan benda yang tersedia, gantilah dengan benda yang memiliki bau yang tidak terlalu kita kenal.
  6. Bila kepekaan hidung kita mulai meningkat, cobalah mencari dan mencium benda yang kurang tajam baunya.

Referensi :

  1. Bagian Hidung Manusia dan Fungsinya
  2. Fungsi Hidung
  3. Alat Indra Manusia - Pembau : Hidung