Latihan Kreatif Menguatkan Indera Perasa

Lidah merupakan alat atau indera perasa kita. Lidah memiliki struktur unik karena bersifat lentur dan digerakkan dengan otot-otot elastis. Lidah selain membantu pita suara menghasilkan bunyi sehingga kita bisa berbicara atau mengeluarkan bunyi-bunyi huruf yang membentuk kata, lidah juga memiliki fungsi sebagai alat bantu mencerna makanan dan sebagai indera perasa.
Tekstur Lidah Manusia
Tekstur lidah yang selalu basah serta memiliki sifat yang sangat sensetif terhadap suhu dan rasa bisa kita manfaatkan bagain tubuh kita ini untuk memaksimalkan fungsinya guna peningkatan dan cepatnya perkembangan dalam pembelajaran.

Sebelum kita lebih jauh membahas bagaimana cara meningkatkan dan memaksimalkan fungsi lidah sebagai indera perasa, berikut perlu kita ketahui lagi beberapa rasa yang akan timbul ketika bersentuhan dengan bagian-bagian lidah kita.
Rasa Pada Lidah Manusia
Ada 4 macam rasa yang kita kenal secara umum dengan lidah kita :

1. Rasa Manis

Rasa manis akan timbul ketika benda tertentu bersentuhan dengan lidah kita pada bagian ujung luar lidah.

2. Rasa Asam

Rasa asam akan timbul ketika benda tertentu bersentuhan dengan lidah kita pada bagian sisi kiri dan kanan depan  lidah.

3. Rasa Asin

Rasa asin akan timbul ketika benda tertentu bersentuhan dengan lidah kita pada bagian sisi kiri dan kanan dalam lidah.

4. Rasa Pahit

Rasa pahit akan timbul ketika benda tertentu bersentuhan dengan lidah kita pada bagian pangkal dalam lidah.

Dari beberapa rasa yang kita ketahui secara umum, lidah kita akan berinteraksi dengan berbagai jenis benda atau makanan atau minuman sehingga menimbulkan macam-macam rasa yang bisa sederhana hingga kompleks.

Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita memaksimalkan fungsi indera perasa yang kita miliki :
1. Mengetahui jenis dan nama makanan atau minuman.
2. Membedakan berbagai macam makanan atau minuman.
3. Menilai rasa nyaman, cukup nyaman dan tidaknyaman dari berbagai makanan atau minuman.

Tidak harus menjadi chef atau koki dari sebuah restoran, kita semua tentu menginginkan bisa membuat makanan atau minuman yang enak tidak hanya untuk diri sendiri (enak menurut diri pribadi) tetapi juga enak dari sudut penilaian orang lain. Untuk itulah dalam peningkatan pembelajaran khususnya pengembangan indera perasa, ada beberapa latihan kreatif dan invoatif untuk mengasah kemampuan indera perasa kita :
  1. Cobalah beberapa jenis benda (konsumsi) yang memiliki rasa dasar yang kuat. Misalnya gula untuk yang manis, garam untuk yang asin, jeruk untuk yang asam, buah pare-pare untuk yang pahit dan salak muda untuk yang sepat. Rasakan sedikit dan dan nikmati saja dulu beberapa menit (1-2 menit) kemudian beralihlah kepada rasa yang lain.
  2. Setelah mencoba dengan cara yang sederhana seperti diatas, kemudian cobalah dengan bantuan kawan dengan menutup mata. Setelah kita mencoba mencicip lagi sedikit dengan mata tertutup, lalu cobalah menebak nama benda tersebut. Hal ini cukup dicoba beberapa kali jika merasa bagian lidah cukup peka terhadap rasa dasar tersebut.
  3. Masih dengan menutup mata, mintalah teman anda untuk mencampurkan 2 benda yang berbeda rasanya, kemudian kita menebak benda apa saja yang dicampurkan antara kedua. Dan cobalah untuk memberi komentar kepada kawan kita bagaimana perubahan rasa tersebut.
  4. Latihan selanjutnya adalah mencampur 2 rasa dengan komposisi berbeda, sehingga akan menimbulkan rasa yang berbeda karena akan ada rasa yang lebih menonjol di atara kedua rasa tersebut. Setelah mencicipi, coba lagi menebak. Jika tidak benar, kita cicipi lagi. Ingat tidak perlu mengintip, tetap tutup mata saja.
  5. Latihan yang lebih dalam lagi berikutnya adalah mencampurkan lebih dari dua rasa dengan bahan-bahan yang berbeda-beda. Seperti asam tidak hanya jeruk ditambahkan lagi benda sejenis rasanya misalkan tomat. Begitu juga dengan rasa yang lain.
Kadang hal ini kita anggap latihan yang sederhana dan tidak terlalu berpengaruh. Padahal ini salah satu latihan yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan lidah dan pengetahuan akan berbagai rasa dari berbagai bahan.

Catatan Penting :

  • Sangat dianjurkan untuk mencoba hanya dengan bahan-bahan yang tidak berbahaya pada kesehatan tubuh. 
  • Hindari menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena akan merusak sistem rasa dan tekstur lidah.
  • Latihan kreatif diatas hanya cukup pada proses pencicipan bukan menelan bahkan dengan jumlah yang sangat banyak.