Teknik Kreatif Pembelajaran Bahasa

Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Tanpa bahasa akan membuat kesulitan seseorang untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Tanpa bahasa pula, seseorang menjadi lebih sulit untuk memahami pembelajaran. Kemampuan berbahasa adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kata lain, kemampuan berbahasa digunakan bila ada lawan atau pihak lain. Terbentuknya komunikasi yang baik terjadi apabila seseorang dan yang lain bisa mengerti satu sama lain (komunikatif). Kemampuan berbahasa diperlukan tidak hanya didalam proses pembelajaran saja, namun pula diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
Kreatif dalam Bahasa
Belajar bahasa tidak hanya untuk pemahaman berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, namun pula diperlukan untuk penyerapan dan penyampaian materi pelajaran dalam pembelajaran. Apabila kemampuan berbahasa berkembang dengan baik, akan sejalan dengan berkembangnya kemampuan penerimaan siswa pada materi pembelajaran lainnya.

Agar bisa menggunakan bahasa dengan baik, tentu memerlukan waktu dan proses. Selain itu juga perlu adanya latihan-latihan yang efektif dan efisien sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan. Untuk lebih mendalam pembahasan mengenai pembelajaran bahasa, mari kita bagi kemampuan berbahasa itu menjadi 4 kemampuan.

Secara umum kemampuan berbahasa meliputi :

1. Kemampuan Mendengar (Listening)

Kemampuan mendengar merupakan kemampuan yang memusatkan pada peningkatan indra pendengaran yaitu telinga. Ketika kita masih anak-anak yang baru dilahirkan, bagian yang sering dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa adalah telinga. Sebelum kita bisa berbicara, kemampuan berbahasa kita dipengaruhi oleh suara-suara yang didengar melalui telinga kita. Sehingga jika kita berada dilingkungan yang banyak mempergunakan (menimbulkan) bahasa daerah, maka bahasa tersebut menjadi bahasa pertama kita sebelum kita belajar bahasa lain.

Untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan, berikut ini merupakan latihan kreatif yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan mendengarkan :
  • Mendengarkan Perbedaan Abjad
  • Mendengarkan Orang Berbicara
  • Mendengarkan Musik dan Lagu
  • Menonton Film

2. Kemampuan Berbicara (Speaking)

Kemampuan berbahasa kedua yang terjadi secara alami adalah berbicara. Berbicara berarti mengeluarkan suara yang memiliki makna. Di dalam berbicara seseorang menyampaikan maksud, pemikiran, keinginan dan harapan kepada orang lain. Berbicara berbeda dengan mendengarkan, karena merupakan kemampuan aktif. Maksudnya seseorang mencari, menyusun dan mengungkapkannya lewat suara yang memiliki makna.

Untuk mengembangkan kemampuan berbicara, berikut ini merupakan latihan kreatif yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan berbicara :
  • Mengucapkan Perbedaan Vocal, Konsonan dan Diptong
  • Mengucapkan Perbedaan Kemiripan Kata
  • Meniru / Mengulang Pengucapan
  • Menanggapi Pembicaraan 
  • Berkomentar

3. Kemampuan Membaca (Reading)

Kemampuan berbahasa selanjutnya adalah membaca. Seseorang akan mendapatkan pengalaman membaca dari proses pendidikan. Membaca dalam pembahasan ini adalah mengucapkan kata atau kalimat dari sebuah sumber bacaan tertulis. Meindentifikasi simbol, karakter, huruf dan melafazkannya dengan suara hingga memiliki makna merupakan kemampuan yang biasanya di dapat dibangku pendidikan sekolah. Kemampuan membaca adalah pemaksimalan fungsi mata (penglihatan) dan mulut (pengucapan).

Untuk mengembangkan kemampuan membaca, berikut ini merupakan latihan kreatif yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan membaca :
  • Membaca Nyaring
  • Membaca Cepat
  • Membaca Makna

4. Kemampuan Menulis (Writing)

Setelah seseorang bisa menguasai sedikitnya kemampuan mendengarkan, berbicara dan membaca, maka baru lah kemampuan berbahasa berikutnya dapat dikembangkan dengan baik yaitu kemampuan menulis. Menulis merupakan kemampuan yang berkaitan dengan membaca. Dengan bisa membaca (mengenal tanda, simbol, huruf), ia akan bisa mengembangkan kemampuan menulisnya.

Untuk mengembangkan kemampuan menulis, berikut ini merupakan latihan kreatif menulis yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan menulis :
  • Menghubungkan titik menjadi huruf / simbol
  • Mencontoh Tulisan / Plagiat
  • Menulis Indah
  • Menulis Cepat
Selain 4 kemampuan umum berbahasa diatas, kemampuan khusus lainnya berkaitan dengan :

1. Penggunaan Tata Bahasa (Grammar)

Ada kemampuan khusus dalam berbahasa yaitu kemampuan menggunakan tata bahasa. Setiap bahasa yang ada di seluruh dunia memiliki tata bahasa. Tata bahasa berarti aturan dalam penggunaan bahasa, baik itu dalam kemampuan aktif berbicara maupun kemampuan aktif menulis. Berbagai jenis bahasa memiliki aturan masing-masing yang mungkin saja ada yang mirip ada pula yang berbeda.

Kebanyakan kemampuan bahasa kita terbentur dengan keterbatasan pengetahuan mengenai tata bahasa. Sebagian menganggap tata bahasa adalah urusan yang lebih sukar dalam berbahasa. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari pada praktek berbahasa kita, kadang kala terbelit dengan tekanan dari keharusan penggunaan tata bahasa.

Untuk mempermudah kita mengembangkan kemampuan tata bahasa, ada beberapa latihan
  • Mengenal kategori kata dalam tata bahasa
  • Mengenal sifat dan ciri dalam tata bahasa

2. Penggunaan dan Pemilihan Kosa Kata (Vocabulary)

Kata merupakan bagian terkecil yang memiliki makna dalam bahasa. Bahasa terbentuk dari huruf - kata - kalimat - paragraf. Dalam penggunaan bahasa, seseorang memerlukan namanya kosa kata. Kosa kata merupakan perpustakaan / gudang kata yang dimiliki oleh seseorang yang dipergunakan saat ia berkomunikasi dengan orang lain.

Untuk mengembangkan dan memperbanyak kosakata, kita perlu menyerap kata-kata baru. Namun untuk menghindari terpendamnya kosa kata lama, maka perlu adanya latihan-latihan efektif.
  • Memperhatikan tulisan-tulisan menarik pada kehidupan sehari-hari
  • Menghubungkan kata-kata baru dengan kata-kata lama
  • Mencari sumber bahan referensi dan perbandingan

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.