Mengunci File Microsoft Office Excel

Kadang kala kita ingin mengamankan file data excel yang kita buat sehingga kita perlu mengunci file tersebut agar tidak sembarangan orang bisa seenaknya melihat data dan mengotak-atiknya. Untuk itu kita mesti menjaga dengan membuat keamanan file.


Berikut beberapa tahapan untuk membuat file excel terkunci

1. Buka atau buat file excel.

2. Pada Office Button, tombol bulat yang berada pada bagian kiri paling atas, klik Save As.



3. Klik pada tombol Tools dan klik General Options.


4. Pada bagian Password to open, masukkan sebuah kata kunci (password) dan klik OK. Jika kita ingin menambahkan data (memodifikasi) data di dalam file tambahkan password to modify.


5. Masukkan lagi kata kunci (password) yang sama untuk mengkonfirmasi dan kemudian klik OK.


Catatan : Fitur ini juga digunakan menscript file Excel tersebut. Apabila kita kehilangan atau lupa akan password, hal tersebut tidak bisa dikembalikan lagi.

6. Masukkan sebuah nama file dan klik Save.