Menyegarkan Pelajaran


Salah satu hal negatif dapat mempengaruhi kinerja guru bahasa Inggris dalam jangka panjang adalah kebosanan. Setelah beberapa saat di dalam pekerjaan dengan mudahnya untuk terjebak pada rutinitas, mengajar dengan jenis yang sama dari pelajaran dengan cara yang sama dan kita merasa kekurangan inspirasi di dalam kelas.

Berikut ini ada beberapa hal yang saya sarankan untuk membantu menyegarkan diri dalam mengajar :

1
Cubit rutinitas kelas Anda, dimulai dengan pemanasan. Cobalah sebuah permainan seperti sebuah permainan peran atau aktivitas fisik untuk membuat kelas menjadi bergerak. Libatkan siswa (dan diri sendiri) dengan cara yang berbeda. Para siswa akan menikmati perubahan, kamu akan merasa lebih baik dan lebih positif untuk memulai pelajaran dengan lebih baik dan tepat.

2
Buatlah bahan pelajaran baru. Jika kamu memiliki satu set buku, pertimbangkan untuk menulis beberapa bahan tambahan. Percakapan kecil, daftar kosakata, tabel kunci-kalimat, gambar dan kartu karakter semua dapat menambahkan sesuatu yang berbeda untuk pelajaran. Untuk kelas anak-anak, buatlah kartu kosakata (media pembelajaran) tambahan yang akan menarik bagi usia dan kepentingan mereka dan gunakan ini dalam permainan dan aktivitas.


3
Untuk bahan kamu sudah memiliki, pertimbangkan menyesuaikan pendekatan Anda. Apakah siswa terlalu banyak mendengarkan untuk informasi tugas, misalnya? Jika demikian, cobalah membagi-bagikan kertas kuis pada materi, tempatkan siswa menjadi pasangan-pasangan atau bertiga. Arahkan mereka untuk mendapatkan kesepakatan dengan menemukan jawaban bersama-sama.

Jika latihan tata bahasa dibuat berulang, gunakan gerakan, tanda-tanda, gambar atau ekspresi wajah sebagai isyarat. Ubahlah hal-hal di sekitar dan buat siswa menyusun terhadap latihan-latihan tersebut. Jika kita bisa memainkan alat musik, hubungkan latihan terhadap musik tersebut dan buatlah siswa berimprovisasi lirik lagu sederhana dan irama.

Jika kita melihat dengan dekat pada apa yang kita lakukan, akan ada banyak kesempatan untuk melakukan perubahan kecil yang bisa terjadi selama pelajaran.


4
Jika kita merasa bahwa kita dapat melakukan dengan beberapa masukan dari luar, hal itu selalu baik untuk mengamati guru lain. Duduklah, perhatikan apa yang mereka lakukan dan pikirkan tentang bagaimana kita bisa menggabungkan ide-ide yang kita lihat untuk diterapkan ke dalam pelajaran sendiri. Bahkan jika kita memutuskan untuk tidak menggunakan salah satu ide langsung, ini akan membantu untuk membuat kamu berpikir lagi tentang pendekatan kamu sendiri.


5
Gunakan Humor. Beserta anak-anak, bersiaplah untuk menjadi sedikit membadut. Dengan orang dewasa, tuangkan beberapa lelucon dalam pelajaran, buatlah permainan aneh pada kata-kata atau menggunakan beberapa idiom yang berwarna-warni namun perlu hati-hati. Jika siswa kita pikir kita bisa melakukan sesuatu yang lucu setiap saat, mereka akan lebih tertarik dan lebih perhatian. Hal ini bisa memberikan kepada setiap guru dan setiap kelas dorongan dan keterbukaan.

Meskipun hal di atas bukan merupakan satu-satunya pilihan yang lengkap, semoga lima ide sederhana tersebut bisa membantu kita di waktu-waktu untuk mengubah pendekatan dan menghidupkan kembali pelajaran di kelas kita.

Terima kasih untuk membaca, dan jangan ragu untuk memberikan komentar dengan ide-ide kamu sendiri tentang topik ini di bawah.