Definisi tentang apa itu "
kecerdasan" sebagaimana pandangan
Spearman telah banyak menjadikan kita percaya dan yakin hanya satu cara supaya anak menjadi cerdas. Definisi
kecerdasan menurut pandangan
Spearman merupakan kemampuan
kognitif general yang dapat diukur dan dinyatakan dengan
angka. Oleh sebab itu, cukup banyak orang tua anak bertanya “seberapa cerdas anak saya?” dan mencari jawaban dari hasil ujian yang dinyatakan dengan angka.
|
Original Source from : http://blog.temantakita.com/kecerdasan-majemuk/ |
Dalam kenyataannya, setiap anak dapat menjadi
cerdas dengan
jalannya masing-masing. Kenyataan tersebut yang kemudian diteorikan menjadi "
Kecerdasan Mmajemuk" oleh
Howard Gardner. Menurutnya,
kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang mempunyai nilai budaya. Dalam pengertian lain, kecerdasan adalah kemampuan komputasi seseorang, kemampuan seseorang dalam mengolah jenis informasi tertentu.
Satu dari
6 prinsip kecerdasan majemuk menyatakan bahwa
ada banyak jalan agar anak menjadi cerdas. Jumlah jalan menjadi cerdas tak terbatas, sebanyak variasi komposisi
8 kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh seorang anak. Jadi jalan menjadi cerdas bukan hanya 1 jalan, bahkan bukan hanya 8 jalan, tapi tak terbatas jumlahnya, tersusun dari 8 kecerdasan majemuk berikut ini.
Kecerdasan Aksara
Kecerdasan Aksara adalah kecerdasan mengelola
bahasa, baik lisan maupun tertulis. Anak dengan kecerdasan aksara berpikir dengan kata-kata, di dalamnya mencakup kepandaian dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca, menghubungkan, dan menafsirkan.
Kecerdasan Alam
Kecerdasan Alam adalah kemampuan memahami
alam untuk menjaga keseimbangan. Anak dengan kecerdasan alam memiliki keterkaitan yang kuat dengan alam semesta. Ia lebih peka terhadap berbagai gejala alam, tumbuhan maupun hewan.
Kecerdasan Diri
Kecerdasan Diri adalah kemampuan dalam
memahami dan mengelola diri. Anak dengan kecerdasan diri peka terhadap emosi, ide, harapan dan motivasi yang dirasakannya.
Kecerdasan Imaji
Kecerdasan Imaji adalah kemampuan memahami, mengelola dan menciptakan
imaji dari suatu obyek dan ruang. Anak dengan kecerdasan imaji akan lebih peka pada warna atau bentuk dari sebuah obyek.
Kecerdasan Logika
Kecerdasan Logika adalah kemampuan dalam memahami dan mengelola
hubungan logis antara dua kejadian atau simbol. Anak dengan kecerdasan logika berpikir dengan penalaran, yaitu mencari hubungan sebuah informasi dengan informasi lainnya, misalnya hubungan sebab dan akibat.
Kecerdasan Musik
Kecerdasan Musik adalah kemampuan dalam memahami dan mengelola
nada dan irama untuk mengekspresikan sebuah ide atau emosi. Anak dengan kecerdasan musik memiliki kepekaan dalam mengetahui dan membedakan suara yang berirama dengan yang acak.
Kecerdasan Relasi
Kecerdasan Relasi adalah kemampuan memahami orang lain untuk
membangun relasi sosial. Anak dengan kecerdasan relasi memiliki kepekaan terhadap keadaan, suasana hati, harapan dan sikap orang lain, serta jeli terhadap perubahan sikap orang lain.
Kecerdasan Tubuh
Kercerdasan Tubuh adalah kemampuan dalam memahami dan
mengelola tubuh untuk berkarya atau mengekspresikan emosi. Kecerdasan tubuh berkaitan dengan kepekaan menyadari perubahan posisi, tekanan, dan keseimbangan tubuh.
No comments:
Post a Comment